5 Tips Belanja Tetap Hemat di Tengah Bulan

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Minggu, 15 Mar 2020 19:22 WIB
Belanja Foto: shutterstock
Jakarta -

Saat belanja bulanan, keinginan untuk membeli barang-barang seringkali sulit untuk dikendalikan. Apalagi saat kamu memiliki keinginan membeli suatu barang yang sudah lama diidam-idamkan. Padahal, membeli barang-barang 'receh' dan tidak terlalu krusial membuat pengeluaran membengkak.

Selain itu, barang-barang yang dibutuhkan justru tidak terbeli karena mengedepankan keinginan semata. Akhirnya saat tengah bulan seperti sekarang, barang-barang kebutuhan pokok justru sudah mulai menipis atau habis. Nah, biar belanja tengah bulan nggak kalap dan tetap hemat, ini tips yang bisa kamu ikuti.

Buat Daftar Belanja

Daftar belanja ini bisa menjadi alat kontrol agar kamu tetap berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Saat berbelanja tetap mengacu pada daftar belanjaan dan jangan membeli barang di luar daftar itu. Selain itu, daftar belanja juga bisa menentukan berapa anggaran yang bisa kamu habiskan untuk belanja saat tengah bulan.

Belanja Bahan Makan yang Diperlukan

Pastikan kamu membeli makanan atau bahan makanan yang hendak kamu makan. Jangan membeli makanan hanya karena 'lapar mata', padahal sebenarnya kamu bisa makan makanan lain yang sudah direncanakan sejak awal. Kurangi membeli jajan dan cemilan, karena selain nggak begitu mengenyangkan, jajanan yang tidak perlu juga bisa menguras anggaran.

Cek Produk Sebelum Membeli

Setiap produk punya kualitas dan manfaat yang berbeda-beda. Shampo, misalnya, ada berbagai jenis shampo mulai dari shampo untuk rambut rontok, berketombe, sampai shampo untuk rambut lepek. Pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan kamu. Baca keterangan produk dengan cermat sebelum membeli.

Bandingkan Harga Barang

Untuk lebih berhemat kamu juga bisa gunakan cara yang satu ini, membandingkan harga barang. Bandingkan harga barang yang memiliki fungsi yang sama, tisu misalnya. Kamu bisa berhemat Rp 1.000-3.000 jika membeli tisu yang lebih murah, karena kualitas tisu sebenarnya hampir sama pun dengan fungsinya.

Beli Waktu Promo

Promo atau diskon adalah hal yang paling dinanti dan ditunggu -tunggu saat berbelanja. Kamu bisa membeli barang-barang saat musim diskon. Namun, tetap mengacu pada kebutuhan, ya. Belilah barang diskon yang memang dibutuhkan. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan, kendati sedang ada diskon.

Buat kamu yang mau belanja di tengah bulan dan tetap hemat, Kamu juga bisa belanja di GrabFresh. Selain nggak perlu ngantri dan nyaman, GrabFresh juga lagi ngadain promo BARUFRESH. Ada diskon hingga Rp 40.000 buat kamu yang belanja di GrabFresh untuk pengguna baru selama periode 11 Maret - 5 April 2020. Sekarang, belanja jadi makin nyaman, cepat dan hemat.



Simak Video "Tren Belanja Online Jadi Pemasok Sampah Plastik Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)