Ini Perbedaan Barang yang Didiskon 25% dan 80% di Toko

Hestianingsih - wolipop Minggu, 23 Feb 2020 07:00 WIB
Happy two girls holding bunch of shopping bags Foto: iStock/Perbedaan Barang yang Didiskon 25% dan 80%
Jakarta -

Potongan harga atau diskon menjadi salah satu strategi toko untuk membuat orang membelanjakan uangnya. Orang biasanya memiliki kebanggaan tersendiri ketika bisa membeli sebuah barang yang diinginkan dengan harga lebih murah.

Besaran diskon yang ditawarkan biasanya berbeda-beda mulai dari 10 persen hingga 80 persen. Bahkan ada toko yang memberikan potongan harga hingga 90 persen pada momen-momen tertentu, biasanya menjelang hari besar atau akhir tahun.

Pernahkah terpikirkan olehmu kenapa toko memberikan potongan harga yang berbeda-beda pada produk diskonan? Seperti dikutip dari Brightside, ini artinya ketika sebuah barang didiskon 25 persen, 30 persen, atau 50 persen.

Diskon 25 - 30 Persen

Diskon ini biasanya diberikan untuk meningkatkan permintaan terhadap produk-produk yang baru dirilis. Biasanya promo diskon ini berlaku pada barang yang rilis di akhir musim.



Misalnya untuk koleksi musim semi, brand fashion mengeluarkan produk baru dalam empat tahap. Nah, barang yang didiskon 25 - 30 persen merupakan koleksi yang rilis di tahap terakhir, yakni keempat, sebelum berganti musim.

Ini Perbedaan Barang yang Didiskon 25% dan 80% di TokoFoto: Getty Images



Diskon 50 Persen

Biasanya potongan 50 persen diberikan menjelang pergantian musim, untuk produk-produk di musim yang lalu. Barang dengan harga paling murah akan ditempatkan di bagian depan agar pengunjung tertarik masuk toko. Semakin ke dalam, besaran diskon biasanya akan semakin kecil.

Namun ada pula toko yang memakai strategi sebaliknya. Barang potongan harga 50 persen ditaruh di bagian tengah atau belakang dengan tujuan membuat pengunjung tergoda menyusuri hingga bagian paling belakang, sehingga mereka juga bisa melihat-lihat koleksi baru dan tertarik membelinya.

Diskon 70 Persen

Saat toko memberikan diskon 70 persen, biasanya karena mereka ingin menyingkirkan semua koleksi yang belum terjual ketika musim sudah berakhir. Produk-produk yang didiskon akan disebar ke beberapa area agar pembeli juga tertarik melihat barang yang baru rilis.

Ini Perbedaan Barang yang Didiskon 25% dan 80% di TokoFoto: iStock



Diskon Lebih dari 80 Persen

Ini merupakan tahapan diskon yang terakhir atau penghabisan final. Bisa dibilang, diskon 80 persen merupakan cara sebuah toko atau brand untuk 'memohon' agar produknya dibeli.

Umumnya produk-produk diskonan 80 persen merupakan koleksi lama atau bahkan koleksi yang dirilis sejak tahun lalu dan belum terjual. Toko biasanya akan menempatkannya di bagian belakang. Sementara di area depan dan dekat pintu masuk sudah berjejer koleksi terbaru.

Barang yang didiskon hingga 80 persen biasanya hanya tersedia dalam jumlah sedikit. Tidak lebih dari 1-2 rak dan beberapa di antaranya terdapat cacat atau noda. Maka dari itu kamu perlu lebih teliti ketika akan membeli barang dengan potongan harga sebesar ini.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)