Riset: 91% Orang Pilih Belanjakan Uang THR di E-commerce

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 17 Mei 2019 15:07 WIB
Ilustrasi THR. Foto: Nadia Permatasari/Tim infografis Ilustrasi THR. Foto: Nadia Permatasari/Tim infografis

Jakarta - Berbelanja online bukan lagi jadi sesuatu yang dikhawatirkan banyak orang. Transaksi jutaan, bahkan ratusan juta Rupiah kini banyak dilakukan di berbagai e-commerce yang semakin menjamur dari tahun ke tahun.

Penjualan e-commerce pun meningkat di berbagai momen, tak terkecuali saat bulan Ramadan dan menyambut Lebaran. Menurut riset terbaru yang dilakukan Snapcart, 91 persen orang memilih belanjakan uang THR nya di e-commerce.

"91 persen orang belanja uang THR di e-commerce. Data ini dari 1.000 responden yang dilakukan Snapcart. Mereka mau menunggu THR demi bisa belanja online. Ini sangat menarik, bagaimana orang-orang sekarang sangat familiar dengan e-commerce," kata Dwi Ajeng, head of marketing Zalora Indonesia saat berbincang dengan media di Seribu Rasa Restaurant, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).



Riset juga menyebutkan 66 persen responden memilih berbelanja online karena banyak diskon menarik. 59 di antaranya belanja online karena harganya yang kompetitif.

E-commerce fashion dan beauty, Zalora juga melihat fenomena kenaikan penjualan yang signifikan selama bulan Ramadan. Menurut Ajeng, kenaikan biasanya sudah dimulai sejak 45 hari sebelum Lebaran.

"Minus 45 hari sebelum hari Lebaran sudah naik trafficnya untuk moslemwear. Peaknya itu dekat-dekat THR. Dari tahun lalu juga dilihat di tahun ini. Yang biasanya rata-rata orang spend Rp 450 ribu, di bulan ini naik jadi Rp 600 ribu satu basket," tutur Ajeng.

(als/eny)