Black Friday, Pegawai Curi-curi Waktu Kerja untuk Cari Barang Diskon

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 23 Nov 2018 12:40 WIB
Foto: Reuters Foto: Reuters

Jakarta - Di Amerika Serikat, para pecinta belanja sedang heboh dengan Black Friday yang jatuh pada hari ini, Jumat, (23/11/2018). Ditunggu-tunggu setiap tahunnya, tampaknya ada banyak pekerja yang tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Dikatakan jika setengah pegawai pun akan curi-curi waktu kerja mereka demi cari diskon saat Black Friday.

Black Friday adalah satu hari Jumat di akhir bulan November setelah hari Thanksgiving di mana para brand, retailer, dan situs belanja memberi diskon besar-besaran. Tak hanya di AS, beberapa situs di Indonesia juga menerapkan program serupa. Black Friday pun bikin banyak pegawai tak fokus kerja karena sibuk cari barang diskon. 52% dari responden mengaku demikian.

Black Friday, Pegawai Curi-curi Waktu Kerja untuk Cari Barang DiskonFoto: Maikel Jefriando
Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian tentang Black Friday di Inggris. Dilansir dari penelitian Virgin Mobile, satu dari 10 pekerja bahkan akan bekerja di rumah demi bisa puas belanja. Sedangkan lebih dari satu pertiga responden akan menghabiskan waktu kerja mereka untuk browsing barang diskon.

Berdasarkan penelitian, kebanyakan orang menghabiskan sekitar £206 (Rp 3,8 jutaan) untuk membeli barang diskon saat Black Friday. Para pembelanja juga akan memanfaatkan kesempatan itu untuk mencari kebutuhan hari Natal. Barang-barang yang paling banyak dibeli adalah busana dan gadget.

Black Friday, Pegawai Curi-curi Waktu Kerja untuk Cari Barang DiskonFoto: Reuters
Mengetahui akan tidak fokus bekerja, para pegawai pun menginginkan kebijakan dari bos mereka. Yakni menyediakan waktu tersendiri untuk browsing atau mendatangi toko. Dengan begitu, kegiatan belanja tidak akan mengganggu produktivitas kerja.

Untuk Anda yang juga berniat cari barang-barang diskondihariBlackFriday, pastikan untuk tidak meninggalkan pekerjaan. Selain itu, hindari jatuhdalamjebakanmarketing situs belanja agar tidak jadi boros. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah membuat daftar kebutuhan, menyiapkan budget, dan lakukan riset sebelumnya mengenai harga dan kualitas produk.




Tonton juga 'Black Friday Berdarah di Alabama':





Black Friday, Pegawai Curi-curi Waktu Kerja untuk Cari Barang Diskon

(ami/ami)