Laporan dari Beijing

Cuma di China, Beli Barang Mewah Lewat Online Kurirnya Antar Pakai Jas

Hestianingsih - wolipop Senin, 12 Nov 2018 09:00 WIB
Ilustrasi belanja online. Foto: iStock Ilustrasi belanja online. Foto: iStock

Beijing - Ketika memesan produk secara online, biasanya paket aman dikirim melalui jasa antar dengan kurir berseragam dan mengendarai sepeda motor. Tapi e-commerce satu ini punya cara berbeda untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih menarik bagi konsumen.

Kurir tidak datang bersepeda motor ataupun memakai seragam perusahaan. Melainkan mengenakan setelan jas lengkap dengan sarung tangan putih dan mengendarai mobil listrik saat mengantarkan paket pesanan langsung sampai depan pintu rumah.

Pengalaman belanja online seperti itu mungkin baru bisa Anda temukan di China. Adalah JD.Com, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Negeri Tirai Bambu, yang datang dengan ide bahwa pelayanan khusus saat belanja barang mewah di butik high-end konvensional bisa juga didapatkan pembeli yang melakukan pemesanan online.



Kurir berjas JD.comKurir berjas JD.com Foto: Dok. JD.com


Pasar high-end kini memang mulai dilirik perusahaan yang berbasis di Beijing, China tersebut. Begitu pun permintaan akan barang mewah lewat e-commerce yang semakin hari makin menunjukkan tren positif.

Untuk itu, JD.Com mengembangkan konsep toko virtual yang khusus melayani permintaan produk-produk brand high-end, dengan jasa pengiriman premium yang tidak pernah ada sebelumnya.

Corporate Vice President JD.Com Gloria Li.Corporate Vice President JD.Com Gloria Li. Foto: Dok. JD.com


"Kami punya aplikasi bernama TOPLIFE yang terpisah (dari JD.Com) khusus untuk barang-barang mewah yang kini berkembang sangat pesat. Kami baru meluncurkannya tahun lalu dan secara langsung bekerjasama dengan brand mewah," kata Corporate Vice President JD.Com Gloria Li saat kunjungan Wolipop ke Kantor Pusat JD.Com di Beijing, China, Minggu (11/11/2018).

Selain aplikasi yang terpisah dari kategori produk lainnya, JD.Com juga memiliki gudang penyimpanan khusus untuk produk-produk mewah, yang diberi nama Five Star Warehouse. Menurut Gloria, ini merupakan satu-satunya tempat logistik khusus barang mewah yang pernah dibangun sebuah e-commerce di China.

"Lingkungannya juga sangat bagus dan hanya menyimpan barang-barang mewah," ujar Gloria.

Saat ini TOPLIFE menaungi puluhan brand high-end asal Italia, Inggris hingga Amerika Serikat, dengan target 80 brand yang akan bergabung hingga akhir 2018.

"Brand mewah bisa buka toko online di platform TOPLIFE kami. Targetnya ada 80 brand sampai akhir tahun. Pertumbuhannya sangat, sangat cepat dan mereka mulai menerima model bisnis ini. Ini baru permulaan," pungkas Gloria.

Beberapa brand high-end yang sudah bergabung dengan JD.Com sejauh ini di antaranya Balenciaga, Alexander McQueen, TOD'S, Emilio Pucci, Alberta Ferretti, Emporio Armani, Ralph Lauren, Mulberry dan Saint Laurent.
(hst/eny)