Ini Barang Paling Banyak Dicari Saat Belanja Online di Bulan Ramadan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 25 Mei 2018 03:43 WIB
Ilustrasi belanja online. Foto: Thinkstock Ilustrasi belanja online. Foto: Thinkstock

Jakarta - Bulan Ramadan menjadi berkah bagi banyak pedagang, tak terkecuali mereka yang berjualan secara online. Biasanya penjualan meningkat drastis karena banyaknya kebutuhan selama puasa dan menjelang Lebaran. Apalagi adanya THR (Tunjangan Hari Raya) yang semakin membuat orang ingin berbelanja.

Rezki Yanuar selaku Country Brand Manager Shopee pun melihat adanya perubahan kebiasaan para pembelanja online di bulan Ramadan. Biasanya kebanyakan orang akan membuka situs belanja di jam pulang kantor atau hari libur. Saat bulan puasa, terjadi peningkatan akses pada waktu setelah sahur dan sebelum berbuka.

"Akses pada daily basis berubah, ada peningkatan traffic tinggi pada pukul tiga hingga lima pagi mungkin orang buka sehabis sahur dan salat Subuh. Lalu di jam-jam ngabuburit mungkin sambil menunggu jam buka," kata Rezki saat Media Gathering Ngabuburit Big Ramadhan Sale 2018 di The Hook, Cikatomas, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

Ini Barang Paling Banyak Dicari Saat Belanja Online di Bulan RamadanIlustrasi belanja online. Foto: Thinkstock

Kini transaksi dan traffic di situs belanja Shopee sendiri sudah meningkat hingga tiga kali lipat. Rezki pun meramalkan jika kenaikan itu akan semakin bertambah, terutama menjelang hari Lebaran. Sebelum Lebaran memang kebutuhan orang akan bertambah terlebih untuk mereka yang akan mudik. Alasan lain adalah karena turunnya THR.

"Makin dekat hari raya makin banyak. Banyak orang menahan pembelian karena menunggu THR," tambah Rezki.

Lalu barang apa saja yang paling laris diburu shopaholic saat bulan Ramadan? Baju baru untuk hari Lebaran tampaknya menjadi hal wajib, terutama bagi wanita. Karena itu kategori fashion wanita banyak dicari selama awal bulan puasa ini.
Ini Barang Paling Banyak Dicari Saat Belanja Online di Bulan RamadanIlustrasi belanja online. Foto: Getty Images

"Kategori paling populer adalah kecantikan, pakaian muslim, dan pakaian wanita. Melihat tahun lalu kategori fashion muslim paling diminati, di awal Ramadan mukena, gamis, gamis syar'i juga (jadi kata kunci) paling favorit," ungkap Rezki.

Berdasarkan data, kategori dan kata kunci populer selama awal Ramadan ini berkaitan dengan wanita. Meski begitu, Rezki menjelaskan jika hal itu bukan karena pembeli kebanyakan wanita.

"Karena wanita bisa membeli barang-barang kecil, kalau sale bisa langsung beli, kalau pria seperti, 'beli nanti saja'," jelas Rezki.
(ami/hst)