8 Tips Aman Berburu Barang di Gelaran Diskon Besar-besaran

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 24 Agu 2017 13:45 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Siapa yang tidak tertarik dengan diskon 70% bahkan lebih? Apalagi jika barang yang didiskon keluaran brand ternama dan sedang Anda incar. Tak jarang gelaran sale pun dihadirkan di sebuah tempat khusus seperti yang diadakan Nike di Grand Indonesia beberapa waktu lalu. Jika Anda tertarik datang ke gelaran diskon besar-besaran seperti itu, sebaiknya persiapkanlah diri dulu. Agar tetap aman dan tidak kecewa, simak delapan tips aman berburu barang di gelaran diskon besar-besaran berikut yang dikutip dari berbagai sumber:

Cari Informasi Sebanyak Mungkin
Sebelum datang ke gelaran diskon besar-besaran, perbanyaklah informasi. Anda mungkin mendapat kabar mengenai gelaran tersebut dari satu media tapi tak ada salah cari keterangan lebih lanjut dari sumber lain. Cari tahu kapan gelaran itu buka dan tutup beserta persyaratan lainnya. Jangan sampai Anda datang ke sana dengan perasaan kecewa hanya karena kurang informasi.

Riset Harga dan Barang Incaran
Jangan hanya cari informasi mengenai waktu dan tepat. Jika bisa, ketahui pula harga-harga barang yang dijual dan ketersediaan produk incaran Anda. Anda bisa menanyakannya pada teman yang sudah pernah datang atau media yang memberitakan. Riset harga juga diperlukan agar Anda tak tertipu jika harga di tempat sale sudah dinaikkan.

Persiapkan Uang atau Kartu Kredit
Dengan mengetahui harga asli dan harga diskon, Anda bisa mempersiapkan uang dengan lebih maksimal. Sebenarnya para pakar menyarankan agar menggunakan kartu kredit sehingga lebih praktis apalagi jika barang yang akan dibeli mahal atau banyak. Kartu kredit juga patut digunakan karena dianggap lebih aman jika terjadi sesuatu yang kurang menyenangkan.

Datang Lebih Awal
Tips aman lain saat ingin berburu barang diskon adalah untuk datang lebih awal. Hal ini penting dilakukan jika Anda mengantisapasi banyaknya pengunjung. Dengan datang seawal mungkin, Anda juga bisa mendapati barang yang lebih banyak dan variatif. Tapi tak perlu pula terlalu awal sampai mengganggu aktivitas.

Patuhi Aturan dan Perintah
Biasanya gelaran diskon besar-besaran punya aturannya masing-masing. Misalnya harus mengantre, menunggu giliran masuk, dan lain-lain. Sebaiknya Anda mengetahui dan mematuhi aturan-aturan tersebut. Begitu juga dengan perintah dari staff keamanan ketika situasi mulai 'menggila'.

Pakai Baju Nyaman
Sebaiknya pakai baju yang simpel dan nyaman. Begitu juga dengan sepatu, tas, dan aksesori. Ketika pengunjung membludak dan Anda berebut barang, pakaian yang merepotkan tentu akan menyulitkan bahkan membuat orang terluka. Hindari pula tampilan mewah yang bisa membuat Anda jadi sasaran pencurian.

Jaga Barang Bawaan dan Bon
Agar tetap aman saat berburu barang diskon, jagalah barang bawaan. Termasuk bon-bon yang kadang tercecer karena Anda sibuk dengan barang belanjaan. Dikatakan pakar, bon tersebut bisa Anda butuhkan jika ingin menukar barang atau terjadi salah hitung.

Jangan Ajak Anak
Sebaiknya jangan mengajak anak-anak kecil ketika berburu barang di gelaran diskon besar-besaran. Ditakutkan jika banyaknya pengunjung membahayakan mereka. Jika harus mengajak buah hati, pastikan jika gelaran tersebut tidak ramai hingga berdesakan. (ami/ami)