6 Tips Mencari Busana Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 24 Jul 2015 17:44 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Membeli busana menjadi salah satu rutinitas, terutama untuk para pecinta fashion baik wanita maupun pria. Meski sudah sering melakukannya, para penggila belanja tidak selalu tahu cara terbaik memilih barang. Banyak dari mereka yang menyesal di kemudian hari ketika mengetahui bahwa pakaian yang sudah dibeli bukan merupakan pilihan terbaik dan tidak sesuai dengan harga. Sering mengalaminya? Sebelum melakukan pembelanjaan berikutnya, simak tujuh tips berikut ini dari seorang editor fashion ternama, Marlien Rentmeester:

1. Hindari Copy Cat
Penglihatan yang jeli, kesabaran, dan keberuntungan adalah tiga hal yang dibutuhkan ketika berbelanja pakaian menurut Marlien. Kepada Who What Wear, waniya yang pernah bekerja di Vogue, ELLE, dan New York Magazine mengatakan jika ia memiliki beberapa teknik mencari busana.

Hal pertama yang patut diperhatikan adalah untuk tidak membeli pakaian 'copycat' atau imitasi yang meniru sama persis busana keluaran brand ternama di panggung peragaan. Anda bisa malu nantinya jika ada yang mengetahuinya. Jika busana seperti itu memang sedang tren dan cocok dengan gaya personal, cari saja yang memiliki detail atau potongan berbeda di toko retail.

2. Jelajahi Semua Rak
Mencari barang bagus butuh sedikit pengorbanan. Merlien menyarankan agar Anda menjelah semua rak. Berdasarkan pengalaman pemilik situs Le Catch tersebut, barang-barang bagus sering tersembunyi di tempat-tempat yang tak terduga. Selain melihat ke semua bagian, Merlien juga sering mengunjungi bagian pria dan anak-anak untuk menemukan pilihan terbaik. Siapa tahu ada atasan incaran lebih murah yang terselip di sana.

3. Perhatikan Bahan
Ketika berbelanja busana, jangan hanya memperhatikan modelnya. Pentingkan pula kualitas bahan. Merlien menyarankan untuk Anda yang mencari busana dengan harga terjangkau bisa memilih material serupa chiffon dan polister-sutra. Busana dengan bahan tersebut bisa terlihat mewah namun tidak mudah rusak dan gambang dicuci dengan tangan agar awet. Pastikan pula bila kancingnya serta jahitannya tidak longgar.

"Ketika membeli online, ketahuilah bahwa warna asli tidak sama dengan yang di layar, tetapi tekstur sama. Jadi, baca informasi deskripsi dan komposisi dengan cermat, perbesar masing-masing gambar untuk melihat lebih jelas," katanya.

4. Cari yang Menarik Atensi
Sebagian dari Anda mungkin lebih menyukai busana yang simpel. Untuk memperbarui gaya, coba cari sesuatu yang lebih menarik atensi. Misalnya busana dengan tekstur, sequin, sulaman, atau detail unik. Bila Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk membeli busana eksperimental, Merlien menyarankan untuk mencarinya di tempat-tempat yang bisa ditawar.

5. Jangan Takut Beli Online
Ketika berbelanja memang disarakan untuk selalu mencoba sebelum membeli. Bagaimana jika membeli secara online? Beberapa situs menyediakan fasilitas pengembalian gratis jika barang tidak cocok. Merlien pun memanfaatkan hal tersebut untuk tak ragu membeli produk fashion via e-commerce. Terkadang belanja online memang lebih menenangkan karena Anda tidak terganggu oleh staff butik yang kerap memaksa dan kadang lebih murah.

6. Beli Bekas
Jangan pula ragu untuk membeli barang bekas. Meski sudah dibuang orang belum tentu barang tersebut tidak berkualitas. Terutama untuk Anda yang menyukai gaya vintage. Kapan lagi Anda bisa mendapatkan barang keluaran merek ternama dengan harga yang terjangkau? Meski harganya lebih murah, jangan pula bertindak terlalu gegabah dengan membeli terlalu banyak busana yang sebenarnya kurang berguna.

(ami/ami)