Liputan Khusus

Tips Dapatkan Barang Bagus Tapi Murah Saat Musim Diskon

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 21 Jun 2013 15:34 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Event Jakarta Great Sale merupakan hari paling ditunggu bagi para pecinta fashion dan penggila belanja. Penurunan harga yang cukup drastis dari brand-brand ternama, tentunya jadi cobaan tersendiri bagi para shopaholic agar tetap bisa berbelanja sesuai bujet. Bagi Anda yang ingin berburu diskon di midnight sale nanti malam, sebaiknya simak dulu beberapa tips belanja dari pihak penyelenggara sale dan beberapa fashion blogger, berikut ini:

1. Belanja di Hari Pertama
Jaclyn Halim, Chief Operation Officer (COO) Metroxgroup menyarankan untuk pergi di hari pertama dan kedua sale digelar. Di hari pertama, sudah pasti size yang ada masih lengkap, pilihan pun jauh lebih banyak. Hal serupa juga diungkapkan oleh salah seorang fashion blogger yang memulai blognya dari tahun 2009, Bethanny Putri. "Kalau ada sale datang pas masih awal-awal sale karena stock barang pasti masih banyak dan variant-nya juga masih banyak jadi kalo ada cacat barang masih bisa cari yang lain," tutur Bethanny pada Wolipop melalui email.

2. Rajin Mencari
Untuk mendapat barang yang bagus dengan harga murah, Anda harus rajin mencari. Menyediakan waktu setidaknya 2 jam untuk mencari dan memikirkan perlu tidaknya membeli barang itu. "Harus sabar mencari. Karena menurut saya, kayak untuk bazaar gitu kalau buru-buru gak akan dapat apa-apa. Dan harus ubek-ubek. Karena you never know apa yang akan kamu dapat gitu," jelas Jaclyn saat berbincang dengan Wolipop.

3. Belanja Lebih Murah di Hari Terakhir
Bagi Anda yang tidak sempat datang di hari pertama sale, tak perlu kecewa. Karena Jaclyn juga menjelaskan, barang-barang sale akan kembali di diskon di hari-hari terakhir Jakarta Great Sale. Meskipun begitu, pilihan yang ada mungkin tidak lagi sebanyak hari pertama. Namun tetap saja, keuntungannya akan lebih banyak barang yang bisa didapat sesuai bujet Anda.

4. Membuat Target
Sebelum menjelang bulan-bulan Great Sale, tak ada salahnya melakukan window shopping untuk menargetkan pembelian Anda ketika sale. Hal ini juga dapat membantu Anda fokus pada barang-barang yang memang Anda inginkan. "Jadi biasanya kebanyakan wanita sudah mempunyai "target" menjelang bulan-bulan sale. Apabila ingin update dengan event sale barang tersebut ada baiknya kita memberikan contact (ex:email/ no telp) yang dapat dihubungi agar tidak kehabisan," jelas Marcella Caroline, fashion blogger dari Carols Letters pada Wolipop.

5. Rajin Mencari Informasi dari Internet
Bagi Anda yang mengincar sale dari brand premium ternama, biasanya mereka akan memberi info tentang barang diskon di situs resmi atau Twitter. Memantau situs ini, akan membantu Anda mendapatkan barang-barang terbaik dengan harga murah. "Ikuti official account dari brand yang memang disukai, dan lihat kapan waktu mereka sale atau memberi promo khusus. Konsen ke brand yang disukai bisa mengurangi keinginan untuk belanja ini-itu ketika sedang di mall misalnya," ungkap pemilik blog 'Luce-Dale', Clara Devi kepada Wolipop beberapa waktu lalu.

6. Tetap Perhatikan Kualitas
Meskipun harga sangat murah, namun jangan pernah membeli barang dengan kualitas yang sudah jelek atau size yang tidak cocok. Misalnya saja, ada bolong atau noda. Para fashion blogger itu setuju akan hal ini. "Yang paling penting ialah "jangan maksa" tapi liat lagi dari sisi kebutuhan dan kualitas barangnya. Jangan karena sale-nya besar dan jadi murah, takutnya nanti malah barangnya tidak terpakai," tambah Caroline.

(als/als)