3 Tips Menghemat Pengeluaran Saat Belanja Bulanan

Karina Mahardi - wolipop Jumat, 12 Okt 2012 10:55 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Wanita dan belanja bulanan, dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Saking dekatnya, tidak sedikit dari mereka yang selalu melakukan pemborosan saat berbelanja bulanan di pasar atau supermarket karena membeli apa yang tidak diperlukan.
 
Merasa familiar dengan kondisi di atas? Berikut tips dari Mag For Women yang dapat membantu Anda menghemat pengeluaran saat belanja bulanan.
 
1. Membuat Daftar Belanjaan
Pergi belanja tanpa membawa daftar barang yang perlu dibeli seringkali berujung pada membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Untuk itu, mulailah membuat daftar belanjaan setiap akhir pekan agar Anda tidak kalap saat berada di pasar swalayan.

2. Berbelanja Seminggu Sekali
Pilihlah satu hari dalam seminggu yang akan Anda gunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Setelah itu, tempelkanlah sebuah catatan kecil di lemari es yang menuliskan di mana Anda menyimpan barang-barang yang baru dibeli. Dengan cara itu, seminggu kemudian Anda dapat mengetahui jika kehabisan sesuatu dan tidak menghabiskan waktu lama untuk berkeliling di supermarket yang berujung pada membeli yang tidak diperlukan.

3. Manfaatkan Obral
Supermarket biasanya memiliki program promosi beberapa kali dalam sebulan yang menurunkan harga-harga barang kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, manfaatkanlah obral tersebut dengan membeli lebih banyak stok kebutuhan Anda saat diskon.

(rma/rma)