Kisah Anak Rantau Takut Ditanya 'Kapan Nikah?' Saat Pulkam

Tia Reisha - wolipop Kamis, 30 Mei 2019 17:15 WIB
Foto: Dok. Fox Foto: Dok. Fox

Jakarta - Bagi seorang milenial perantau yang kangen dengan suasana rumah, momen Lebaran tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Namun pulang kampung kadang juga membawa cerita kegalauan tersendiri saat bertemu dengan keluarga besar dan diberi deretan pertanyaan jebakan yang bikin bingung mau jawab apa.

Hal ini sama banget seperti yang dialami oleh Nina, anak rantau Ibu Kota yang lagi galau mau mudik atau nggak. Sebagai anak rantau rasanya sudah jadi tradisi untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran. Tapi Nina justru dilanda rasa galau untuk pulang ke rumahnya yang ada di Padang karena ada hal yang selama ini menghantui pikirannya.

Walau punya kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga besar, Nina enggan menghadapi pertanyaan yang ditujukan padanya. Rasanya kayak diadili, apalagi ia merasa posisinya masih nggak aman karena karier yang dianggap belum mapan dan statusnya yang sekarang masih single.


Deretan pertanyaan yang bikin ia malas menjawab ini sempat membuatnya galau untuk mudik ke kampung halamannya di Padang. Mulai dari pertanyaan soal pekerjaan, pacar, sampai pertanyaan horor 'kapan nikah?'. Bahkan ada juga berbagai saran dari para kerabat yang lebih tua yang nggak jarang justru lebih semangat mencarikan jodoh buat Nina.

Sebenarnya, semua pertanyaan itu wajar dilontarkan oleh anggota keluarga, apalagi yang jarang bertemu atau berkomunikasi. Pertanyaan tersebut sebenarnya mewakili rasa ingin tahu keluarga pada ceritamu, terutama kehidupanmu di perantauan yang jauh dari kampung halaman.

Akhirnya, Nina pun memantapkan diri buat mudik dan menghadapi pertanyaan jebakan saat Lebaran dengan lebih selow. Gadis cantik itu pun berhasil bikin acara silaturahmi makin asyik dengan cerita warna-warni perantauannya di Jakarta ditemani permen FOX'S yang jadi favorit keluarganya.


Cerita warna-warni perantauan Nina sama seperti warna-warni 17 rasa permen FOX'S yang kilaukan hari istimewa. Ada manis, asam, dingin, yang semuanya berhasil jadi cerita seru untuk menghiasi suasana silaturahmi bersama keluarga agar terasa makin akrab.
(prf/eny)