Para Ibu, Perhatikan 6 Hal Ini Saat Ingin Pergi Wisata Bersama Anak

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 24 Des 2017 10:01 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta -

Banyak orangtua yang memanfaatkan momen libur sekolah dan Natal untuk pergi wisata bersama anak. Ketika berpergian dengan anak di musim libur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan tetap nyaman dan menyenangkan.

1. Pilih Tempat Wisata yang Bisa untuk Anak Kecil
Jangan pilih tempat wisata yang menyeramkan atau menegangkan sehingga membuat anak tidak nyaman. Anda dapat pergi ke lokasi yang menyenangkan bagi anak, seperti kebun binatang, tempat wisata yang banyak wahana permainan anak, atau acara festival. Bila ingin mengajak liburan ke semua tempat, atur waktu yang sebaik mungkin supaya anak tidak sakit karena kelelahan.

2. Pakai Baju dengan Warna yang Sama
Anda, suami, beserta si kecil disarankan menggunakan pakaian dengan warna yang sama. Hal ini untuk mengantisipasi keramaian tempat wisata yang dapat membuat balita hilang dari pandangan. Pakai warna-warna terang yang cukup mencolok agar mudah menemukan suami atau balita Anda ketika tidak sengaja berpisah.

3. Pasangkan Pita
Anda perlu memasangkan tanda, seperti pita di baju atau kaos kaki si buah hati sebagai petunjuk jika dia benar-benar hilang. Hal itu guna membantu petugas mencari anak Anda. Namun akan lebih baik jika Anda selalu memegang erat tangannya dan tidak pernah mengalihkan pengawasan dari sang buah hati.

4. Tak Lupa Bawa Stroller
Mungkin banyak yang berpikiran kalau stroller tidak begitu penting dan cukup membuat repot. Namun ternyata, membawa stroller saat pergi liburan bisa mengurangi beban Anda. Si kecil yang merasa lelah dapat Anda naikkan ke stroller agar tidak rewel atau berkeliaran.

5. Bawa Makanan
Jika membawa anak saat liburan tak lupa menyiapkan persediaan makanan. Sediakan susu kotak untuk anak, roti isi, makanan 'berat' dalam wadah yang tertutup, dan buah-buahan demi kenyamanan selama perjalanan.

6. Pergi ke Toilet Dulu
Biasakan pergi ke toilet sebelum berkeliling di tempat wisata terutama bila perjalanan ke destinasi yang dituju cukup jauh. Ajak anak pergi ke toilet sebelum berkeliling area wisata. Jika si kecil memakai popok, gantilah pampersnya dengan yang baru supaya nyaman saat menikmati fasilitas di tempat wisata. Hal ini dilakukan untuk menghindari anak menjadi rewel.

(aln/ami)