Ada Alasan Menyayat Hati di Balik Bocah 12 Tahun yang Berhenti Sekolah

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 03 Nov 2017 11:47 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang anak untuk menunjukkan bakti dan cinta kasihnya kepada orangtua. Seperti yang dilakukan oleh seorang anak laki-laki berusia 12 tahun ini. Ia rela mengorbankan sekolahnya untuk membantu ibunya.

Gu Guang Zhao berhenti bersekolah pada awal Oktober kemarin untuk membantu ibunya yang sakit parah di rumah. Ia pun mulai bekerja mengumpulkan uang untuk transplantasi ginjal ibunya.

Dilansir Asiaone, Gu merupakan siswa berprestasi di sekolahnya dan mendapatkan banyak penghargaan akademis. Setelah mengetahui bahwa ibunya yang berusia 40 tahun itu sekarat karena gagal ginjal, Gu menulis surat kepada gurunya untuk bisa berhenti sekolah dan membantu ibunya.
Ada Alasan Menyayat Hati di Balik Bocah 12 Tahun yang Berhenti SekolahFoto: Istimewa

Keluarga Gu kesulitan untuk membiayai transplantasi ginjal sebesar 500 ribu yuan atau setara Rp 1 miliar. Pengeluaran tersebut pun semakin bertambah karena ibu Gu harus melakukan dialisis atau cuci darah. Sehingga hal tersebut menimbulkan keluarga Gu berhutang 100 ribu yuan atau Rp 204 juta.

Meskipun begitu, siswa SMP asal Henan ini tetap bekerja keras untuk mengumpulkan uang bagi operasi ibunya. Ayah Gu meninggalkan pekerjaannya di bidang konstruksi tiga tahun lalu ketika mengetahui istrinya menderita uremia, yakni komplikasi pada ginjal saat urea dan produk limbah mulai terbentuk.

Gu dan ayahnya pun bekerja sama memanen kacang untuk mengumpulkan uang. Selain bekerja, Gu juga membantu mengurusi pekerjaan rumah tangga sehingga ibunya bisa fokus pada kesehatannya dan menjadi lebih baik.

Setelah mengetahui kisah sedih keluarga Gu, banyak netizen China memuji perbuatan Gu dan tersentuh oleh cinta tulusnya pada sang ibunda. Banyak orang yang mulai membantu dan menyumbangkan uang untuk kebutuhan operasi ibu Gu. Menurut sebuah halaman penggalangan dana online, lebih dari Rp 1 miliar berhasil dikumpulkan dan ibu Gu tengah menjalani perawatan di Henan Medical University.

Gu memang anak yang baik. Bahkan ia memberi tahu pada ibunya bahwa ia membuat daftar semua orang yang membantu mereka dan mengatakan bahwa ia akan membalas kebaikan mereka dengan cara apapun saat ia dewasa. (agm/agm)