Kisah Ibu Dibully Netizen karena Menyusui Anaknya yang Berusia 4 Tahun

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 08 Agu 2017 08:29 WIB
Foto: Ist.
Jakarta - Air Susu Ibu (ASI) dipercaya memiliki banyak gizi dan sangat dianjurkan untuk diberikan kepada buah hati secara ekslusif selama enam bulan. Pemberian ASI kemudian dilanjutkan sampai usia dua tahun bersamaan dengan pemberian MPASI (makanan pendamping ASI). Bagaimana jika sang anak masih ingin lanjut menyusu setelah usia dua tahun?

Hal inilah yang dialami seorang ibu bernama Leanne Allerton. Leanne juga dikenal sebagai seorang YouTuber yang sering mengunggah pertumbuhan anak-anaknya. Leanne menyusui anaknya yang masih ingin tetap menyusu meskipun kini usianya sudah empat tahun. Tindakan Leanne ini menuai kritik netizen saat dirinya mengunggah video menyusui anaknya, Poppy yang akan mulai masuk sekolah September nanti.

Pada video tersebut wanita asal Grimsby, Inggris ini terlihat sedang menyusui Poppy di atas ranjang, sambil membelai rambut sang anak. Poppypun terlihat sangat nyaman di pelukan ibunya itu sambil menyusu.

Banyak netizen memberikan komentar negatif pada unggahan video Leanne yang telah ditonton lebih dari satu juta kali itu. Mereka protes bahwa Poppy sudah terlau besar dan tidak cocok untuk minum ASI lagi.

"Bagaimana Anda mengharapkan anak Anda tumbuh dan berkembang secara sosial saat mereka masih mengandalkan payudara Anda untuk mendapatkan makanan?," komentar netizen dengan nama akun Morgan White.

"Sayang sekali anak itu tidak diajari untuk mandiri. Ini tidak wajar, Anda tak ingin anak Anda tumbuh dewasa," tambah komentar Olga998123

Mengetahui banyaknya komentar negatif yang diterima oleh Leanne, iapun membalas kritikan tersebut dengan cara yang bijak. Menurut ibu berusia 33 tahun ini ikatan menyusui hanya bisa dipatahkan pada saat anak sudah cukup besar untuk mengerti apa yang sedang terjadi. Namun jika anak belum mengerti adalah hal yang wajar baginya jika terus memberikan ASI.

"Orang-orang mengatakan padaku bahwa Poppy terlalu bergantung padaku, tapi ini bukan soal itu. Ini adalah waktu terbaik antara aku dan dirinya, dan ini memberinya banyak manfaat. Ini hanyalah rutinitas kami dan hidup kami," jelas Leanne dilansir Dailymail.

Meski kebiasaan memberikan ASI pada anaknya ini menuai banyak kritikan, Leanne tak akan mengubahnya.

(agm/eny)