Hilangkan Stigma, Manekin Ibu Menyusui Dipamerkan di Mal

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 15 Mei 2017 13:10 WIB
Foto: Dok. Instagram amigoslactancia
Jakarta - Para ibu yang menyusui anaknya di area publik kerap mendapatkan komentar tidak enak atau bahkan diusir. Demi menghilangkan stigma buruk itu, sebuah mal memamerkan manekin ibu menyusui.

Adalah Centro Mayor, mal terbesar di Bogota, Colombia, yang memajang manekin ibu menyusui tersebut. Di dalam mal tersebut, terpajang sebuah manekin seorang ibu menggendong bayi di tangannya. Bayi dihadapkan ke payudara ibu seperti posisi menyusui. Dan baju bagian atas dari manekin si ibu dibiarkan terbuka.

Manekin ibu menyusui ini merupakan bagian dari kampanye yang dibuat oleh Amigos de la Lactancia, sebuah organisasi yang mendukung para ibu ketika mendapatkan cemoohan atau hinaan saat menyusui di publik. Salah satu tujuan mereka memasang manekin ibu menyusui ini adalah agar mal atau pusat perbelanjaan menjadi tempat aman untuk ibu menyusui bayi mereka.

Sejak diluncurkan, kampanye dengan memajang manekin ibu menyusui di mal ini mendapat sambutan positif. Di Instagram, orang-orang memuji kampanye tersebut dengan mengatakan bahwa ide yang dibuat luar biasa dan indah.

Menyusui di publik di Amerika Latin sendiri, termasuk Colombia, sempat menjadi pemberitaan hangat ketika seorang ibu dilecehkan oleh seorang polisi ketika melakukan aktivitas tersebut. Insiden itu menimbulkan protes dari ribuan ibu. Saat itu ribuan ibu melakukan aksi menyusui anak mereka di publik.

Belum lama ini dalam rangka memberikan dukungan pada para ibu yang menyusui di publik sebuah agensi iklan bernama Mother London yang memasang payudara raksasa di sebuah gedung di London, Inggris. Mother London sengaja menampilkan payudara raksasa dalam rangka peringatan Hari Ibu. Pada Hari Ibu yang jatuh 26 Maret 2017 di Inggris, mereka ingin mengkampanyekan #FreetheFeed. Melalui kampanye tersebut, mereka mendorong semua ibu untuk menyusui bayi mereka di mana saja dan kapan saja.


(eny/eny)