Mendunia, Anak 4 Tahun yang Bisa 6 Bahasa Asing

Eny Kartikawati - wolipop Sabtu, 22 Okt 2016 12:07 WIB
Foto: Dok. Jalil Bouries/YouTube
Jakarta -

Usianya boleh saja masih anak-anak, namun Bella yang baru berusia empat tahun ini memiliki kemampuan luar biasa. Dia menguasai enam bahasa asing sekaligus.

Penguasaan bahasa asing anak kecil dengan nama lengkap Bella Devyatkina ini memukau penonton televisi di negerinya, Rusia. Belum lama ini dia menjadi bintang tamu dalam acara Udivitelniye Lyud (Incredible People).

Pada acara yang tayang di salah satu stasiun televisi di Moskow, Rusia itu lah Bella menunjukkan kemampuannya, bukan hanya mampu menguasai satu atau dua patah kata bahasa asing. Tapi anak kecil lucu itu bisa mengobrol dalam enam bahasa yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, China dan Arab.

Mendunia, Anak 4 Tahun yang Bisa 6 Bahasa AsingFoto: Dok. Jalil Bouries/YouTube
Mendunia, Anak 4 Tahun yang Bisa 6 Bahasa AsingFoto: Dok. Jalil Bouries/YouTube

Kemampuannya itu di tes dengan menghadirkan enam orang yang mengenakan kaus dengan tulisan nama negara, ke atas panggung. Bella kemudian diminta mendatangi satu per satu keenam orang tersebut.

Orang pertama yang didatanginya adalah pria yang berbicara dalam bahasa Inggris. Oleh si pria, Bella ditanya apakah dia mengetahui jawaban dari pertanyaan yang tertera di layar besar di panggung. Anak kecil itu pun membaca pertanyaan dalam bahasa Inggris itu. "Which dinosaur has two rows of bony plates that run along its back and tail?" begitu dia membacakan tulisan di layar. Dan dia pun menjawab kalau dinosaurus dengan ciri yang disebutkan adalah jenis Stegosaurus. Tepuk tangan meriah penonton langsung membahana karena terpesona dengan Bella.

Mendunia, Anak 4 Tahun yang Bisa 6 Bahasa AsingFoto: Dok. Jalil Bouries/YouTube

Mendatangi satu per satu orang-orang yang memakai kaus dengan tulisan nama negara yang bahasanya dia kuasai, Bella tidak tampak canggung. Dia bertingkah khas anak-anak, sesekali berjalan ke sana kemari atau menggoyang-goyangkan tubuhnya. Dia pun fasih berbicara dengan masing-masing orang itu sesuai bahasa mereka.

Seperti dikutip Telegraph, ibunda Bella yang seorang guru bahasa Inggris mengungkapkan anaknya bisa menguasai banyak bahasa asing bukan karena dia sengaja memberikan pelajaran enam bahasa asing tersebut. Hanya saja, dalam kesehariannya Bella memiliki beberapa pengasuh yang berasal dari berbagai negara. Dari para pengasuhnya inilah anak kecil itu belajar mengenai budaya dan bahasa asing, bukan dengan sengaja diajari bahasa asing.

Mendunia, Anak 4 Tahun yang Bisa 6 Bahasa AsingFoto: Dok. Jalil Bouries/YouTube

Memang banyak riset yang telah dilakukan membuktikan anak-anak lebih cepat menyerap ketika diajari bahasa asing di usia dini. "Semakin muda mereka belajar, semakin baik kemampuan mereka menirukan suara dan menguasai pelafalan. Hal itu karena otak mereka masih terbuka menerima suara dan pola yang baru," ujar psikolog Roberto Filippi.

Ahli neurologi Eric H. Lennenberg juga berpendapat serupa. Penulis The Capacity of Language Acquisition itu mengatakan sebelum masa pubertas, otak anak lebih lentur, sehingga memudahkan mereka belajar bahasa. Sedangkan setelah masa pubertas, kemampuan otak seseorang makin berkurang sehingga tidak maksimal ketika belajar bahasa.



(eny/asf)