Benarkah Pelukan Ibu Bisa Menurunkan Demam Bayi?

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Sep 2016 18:41 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Pelukan yang diberikan ibu kepada bayinya ternyata sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Menurut penelitian, dekapan hangat bisa membuat anak menjadi lebih tenang dan bahagia. Ibu yang memeluk dengan nafas dalam juga dapat merangsang saraf motoris dan sensoris buah hatinya. Beberapa ibu bahkan mengaku jika pelukan bisa menurunkan demam bayi. Benarkah?

Aktris Laura Basuki mengaku pernah mengalami. Ibu dari Owen Sandjaja yang kini berusia delapan bulan tersebut mengatakan pernah mendekap anaknya saat tengah demam. Pelukan itu pun bisa membuat panas Owen turun satu derajat celcius.

"Sentuhan penting sekali. Ketika baru lahir bayi yang otomatis menangis, waktu ditaruh di dada langsung tenang karena mendengarkan detak jantung kita. Kita juga jadi tenang dan ASI langsung keluar. Anak demam 38,5 derajat jadi 37,5 derajat," kata Laura saat mengisi acara pengenalan kampanye MamyPoko Love Touch di Pokojang Land, Atrium mal Central Park, Jakarta Barat, Kamis, (22/9/2016).

Dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK (K) pun memberikan pendapatnya. Menurutnya, kontak antar kulit memang bermanfaat bagi anak dan ibunya. Salah satunya adalah membantu mengurangi demam. Meski begitu, perlu diingat bahwa memeluk saja kadang tidak cukup untuk mengobati panas tinggi yang dialami buah hati.

"Seperti air panas yang dicampur dengan dingin. Air itu bisa berkurang tingkat kepanasannya karena sebagian suhu diabsorsi. Tapi itu tidak menyembuhkan. Penyebabnya tidak hilang tapi mengurangi," ungkap Titi.
(ami/ami)