Liputan Khusus Persiapan Lebaran

Perhatikan 8 Hal Ini Saat Ajak Anak Mudik Naik Pesawat

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 01 Jul 2016 18:05 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Perjalanan melalui udara banyak dipilih orang-orang saat mudik sebagai salah satu alternatif jalur mudik. Terlebih lagi jika membawa anak yang masih bayi atau balita, mudik dengan naik pesawat dirasa lebih cepat dan praktis.

Saat berada di dalam pesawat, terkadang anak menjadi tidak betah karena duduk terlalu lama sehingga menjadi rewel. Tidak menutup kemungkinan anak juga akan mengalami mabuk udara karena belum terbiasa berada di dalam pesawat. Tak perlu panik, berikut tips membuat anak merasa nyaman saat bepergian menggunakan pesawat:

1. Pakaian Nyaman
Pilihlah pakaian yang nyaman dan membuat anak Anda bebas bergerak di dalam pesawat. Tidak perlu memilih bahan yang tebal dan kurang menyerap keringat. Jika anak Anda kedinginan, jangan sungkan untuk meminta selimut kepada pramugari.

2. Bawa Gendongan
Bila Anda mengajak anak yang masih bayi, akan lebih mudah jika membawa gendongan atau sling agar tidak repot menggendongnya. Jika Anda membawa balita, bawalah kereta dorong yang bisa dilipat agar anak bisa sambil duduk menunggu pesawat di bandara.

3. Tidak Ajak Anak Saat Pilek
Hindari untuk membawa anak bepergian dengan pesawat saat dia sedang pilek atau demam. Dikhawatirkan tekanan udara di dalam pesawat bisa membuat telinganya sakit dan terganggu. Ada baiknya periksakan anak ke dokter sebelum melakukan perjalanan atau berikan obat sekitar 15 sampai 20 menit sebelum pesawat lepas landas dan mendarat.

4. Ganti Pampers Sebelumnya
Usahakan untuk mengganti pampers sebelum pesawat lepas landas agar anak merasa lebih nyaman saat terbang. Terkadang ada beberapa pesawat yang belum dilengkapi dengan nursery room sehingga Anda bisa lebih leluasa mengganti pampers di kamar mandi bandara.

5. Bawa Mainan
Bawalah beberapa mainan yang digemari anak Anda selama perjalanan. Bawa pula beberapa mainan yang sudah jarang dimainkan agar sang anak tidak bosan. Mainan yang berukuran kecil seperti boneka-bonekaan atau mobil-mobilan bisa dimainkan di atas alas makan yang terdapat di kursi pesawat.

6. Tidurkan Anak
Cobalah tidurkan anak saat pesawat take-off dan mendarat agar tidak menangis. Jika anak tidak mau tidur, cobalah menyusuinya atau minum dari botol untuk menghindari tekanan pada telinganya. Saat bayi meminum sedikit, hal itu dapat membuat telinganya tidak berdengung dan tidak sakit. Jika usia anak Anda sudah cukup besar, cobalah berikan permen atau jelly agar anak bisa mengunyahnya.

7. Angkat Sekat Kursi
Jika kursi pesawat tidak diisi penumpang lain, angkatlah sekat kursi agar anak bisa tiduran di pangkuan Anda. Dengan demikian anak merasa lebih nyaman dan bisa beristirahat sejenak selama perjalanan. (itn/itn)