Imelda Fransisca Curhat Dilemanya Jadi Ibu Lewat Buku 'Modern Mama'

- wolipop Kamis, 19 Mar 2015 07:40 WIB
Foto: Chris Bunjamin/Wolipop Foto: Chris Bunjamin/Wolipop

Jakarta - Menjadi seorang ibu memang tidak ada petunjuk manualnya. Dengan segala kemudahan di era emansipasi seperti sekarang, para wanita pun semakin dihadapkan dengan banyak pilihan. Karier atau keluarga menjadi kegalauan klasik yang umumnya diderita para mama.

Untungnya, cukup banyak ibu yang mau berbagi tips dan trik menjadi seorang mama yang bijaksana. Salah satunya adalah Imelda Fransisca. Sebagai seorang wanita di zaman modern, ibu dua anak perempuan itu pernah mengalami dilema. Ketika baru memiliki anak pertama, Miss Indonesia 2005 ini pun sempat bingung apa akan meneruskan karier atau fokus mengurus rumah tangga. Lalu apa keputusan Imelda?

‎Wanita 32 tahun tersebut kemudian menganalisa apa yang menjadi prioritasnya. Imelda mengurutkan hal-hal apa saja yang paling penting dalam kehidupannya kala itu. Dengan bekal ilmu psikologi yang didapat di bangku kuliah, Imelda pun sadar bahwa ibu berperan penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Wanita kelahiran Bogor tersebut akhirnya menyadari jika ia harus mengutamakan keluarga. Ia pun menyarankan pada para wanita yang tengah gundah untuk melakukan hal yang sama.

"Waktu Emily lahir saya dapat tawaran kerja baru. Lalu saya urutkan prioritas. Akhirnya saya pilih keluarga dan berhenti kerja sampai malam. Dengan list down, kita bisa dengan mudah menentukan. Kalau ada yang interfere list nomor satu langsung di-cut," ujar Imelda Fransisca di peluncuran bukunya, Modern Mama di Kinokuniya, Plaza Senayan, Rabu (18/3/2015).

Awalnya Imelda berniat untuk menjadi wanita karier yang sukses karena ‎ingin membanggakan sang buah hati. Sampai suatu ketika istri dari Norman Edward itu sadar, bahwa ia pun bangga terhadap ibunya sendiri. Padahal ibu Imelda tidak bekerja. Di situ, pembawa acara itu pun sadar jika seorang anak lebih membutuhkan penanaman nilai hidup yang baik.

‎Imelda menambahkan jika di era modern ini, seorang wanita harus tahu kodratnya namun jangan sampai ketinggalan zaman. Jadikan teknologi sebagai sahabat namun jangan berlebihan. Hindari main gadget terlalu asyik sehingga mengganggu kebersamaan dengan keluarga sendiri. Psikolog Elizabeth T.S Santosa, M.Psi pun menyetujui dan memberikan pandangannya.

"Sekarang kita tidak bisa lepas dari ‎gadget karena memang itu memiliki manfaat. Misalnya dengan GPS kita bisa tahu keberadaan anak. Untuk ibu bekerja, Anda bisa mengajarkan anak untuk pakai gadget hanya untuk telefon Anda di jam istirahat. Tapi kita harus discipline ourselves karena kalau tidak nanti kebablasan," ujar psikolog yang juga sahabat Imelda.

Segala pelajaran yang dipetik Imelda selama enam tahun menjadi seorang ibu pun dituangkan dalam buku terbarunya. Bertajuk Modern Mama, runner up Miss Asean 2005 itu ingin mengatakan pada ibu lainnya jika mereka tidak sendirian. Dengan berbagi kisah serta tips seputar wanita dan keluarga, ia berharap para mama baik yang bekerja maupun pun tidak bisa berjuang bersama.

"Banyak buku tentang kesuksesan karier. Jangan sampai ibu rumah tangga merasa tersisihkan padahal menjaga anak juga penting untuk kestabilan negara. Ibu bekerja juga jangan merasa bersalah." tambahnya.

Buku setebal 180 ‎halaman ini dikerjakan selama kurang lebih satu tahun. Di sini, Imelda menuturkan sejumlah pengalaman pribadi seperti kesulitannya dalam mengatur keuangan hingga cara menguruskan badan. Modern Mama sudah bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat dengan harga Rp 58 ribuan.‎


(ami/aln)