ADVERTISEMENT

Selamat Hari Ibu

Riset Membuktikan, Ini yang Diinginkan Para Wanita di Hari Ibu

- wolipop Senin, 22 Des 2014 11:36 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Hari Ibu sering menjadi momen untuk mengungkapkan kasih sayang pada ibu tercinta yang telah berjuang melahirkan kita. Para anak pun berlomba-lomba memanjakan ibu mereka dengan memberinya hadiah. Pada Hari Ibu ini, sebenarnya apa yang paling diinginkan para ibu?

Sebuah riset dilakukan oleh Harris Interactive dalam rangka Hari Ibu. Dari survei tersebut diketahui, 48% wanita menginginkan hadiah berupa satu hari bisa bermalas-malasan di spa pada Hari Ibu. Jika bisa mereka ingin ada orang yang memberikan hadiah 'liburan' gratis di tempat spa ini.

Apa yang diinginkan para wanita di Hari Ibu ini tidak sejalan dengan pandangan para pria. Riset mengungkapkan 72% pria justru berpikir wanita ingin dihadiahi bunga di Hari Ibu. Bunga memang diinginkan wanita pada Hari Ibu. Namun hadiah bunga ini menjadi hal kedua yang mereka dambakan setelah spa.

Selain bunga dan spa, hal lainnya yang juga wanita ingin dapatkan sebagai hadiah di Hari Ibu adalah, perhiasan (36%), smartphone (30%), dan cokelat atau permen (37%). Hadiah perhiasan ini berada di urutan kedua pandangan pria soal apa yang diinginkan wanita pada Hari Ibu.

Survei lainnya yang dilakukan sebuah online shop asal Amerika Serikat mengungkapkan hasil berbeda. Dari riset yang melibatkan 3.171 responden ini diketahui sebagian besar ibu bukan ingin 'me time'. Pada Hari Ibu, 44% ibu justru ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan lebih berkualitas. Baru pada urutan kedua survei ini ibu (29%) ingin mendapatkan voucher belanja atau spa sebagai hadiah. Dan di urutan ketiga hadiah yang didambakan ibu adalah bunga (28%).

Sudah mendapat ide hadiah untuk ibu dari berbagai survei di atas? Jika masih belum, ada cara lain yang mudah dan sederhana untuk dilakukan yaitu dengan mengucapkan kalimat sakti ini yaitu "aku sayang ibu".

"I love you mom" atau "Aku sayang ibu" sangat jarang diucapkan anak kepada orangtuanya karena malu atau gengsi untuk disampaikan. Padahal untaian kalimat singkat tersebut memberikan makna yang begitu besar bagi ibunda. "Konfirmasi cinta itu penting sekali karena ada perasaan dicintai dan disayangi," ujar Psikolog Roslina Verauli M.Psi saat ditemui dalam acara Nivea dalam tajuk 'PS I Love You Mom' di restoran Bistronomy, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Mengatakan ucapan cinta terhadap ibu ternyata memberikan dampak yang sangat besar, bahkan berpengaruh positif terhadap kesehatan orangtua. Menurut psikolog yang akrab disapa Vera itu, banyak sekali hasil penelitian yang diterbitkan dalam buku-buku psikologi positif yang menunjukkan korelasi positif antara perasaan dicintai dan mencintai terhadap kepuasaan secara emosional.

(eny/fer)