Pengalaman Dira Sugandi Melahirkan di Rumah, Metode Persalinan Tanpa Trauma

- wolipop Kamis, 13 Nov 2014 08:35 WIB
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta -

Nama Dira Sugandi pasti sudah akrab di telinga para pecinta musik tanah air, terutama penikmat aliran Jazz. Meski sudah menikah dan memiliki seorang putri, nampaknya penyanyi 35 tahun ini semakin eksis berkarir di industri hiburan. Lihat saja, kemunculannya di sejumlah film layar lebar dan serangkaian gelaran musik ternama.

Berbicara mengenai anak, ibu dari Savanna ‎Azura Warongan ini memiliki kisah unik dan tidak biasa terkait melahirkan. Untuk kelahiran putri pertamanya yang sekarang telah berusia 20 bulan, Dira memilih persalinan dengan cara yang alami. Metode yang dikenal dengan istilah gentle birth atau hypno birth itu dilakukan di rumah dengan hanya ditemani dua orang bidan.

Sejak sebelum hamil, Dira sebenarnya sudah menginginkan water birth sebagai metode persalinan. Namun setelah direkomendasikan oleh Dewi Lestari dan Reza Gunawan, suami Dewi, dia mantap memilih metode gentle birth. Cara persalinan ini memang cenderung lebih 'repot' karena harus mengikuti pelatihan selama dua hari, menyediakan kolam bersalin serta bidan ahli. Tetapi pemain film Selamat Pagi, Malam ini mengaku tenang saat bersalin karena merasa sangat nyaman dan tidak risih.

"Kita pesan kolam dari Perth. Bidan sudah menginap di rumah seminggu sebelumnya. Suami sediain playlist lagu, terus ada aroma terapi. Sebelum lahiran, aku dipijat dulu. Nyaman banget," kenang istri musisi Elfa Zulham tersebut saat ditemui pada peluncuran Reflex Pushchair dari Silver Cross di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014).

Saat melahirkan, Dira ditemani sang suami untuk masuk ke kolam. Persalinan tersebut hanya memakan total waktu kurang lebih empat jam‎. Setelah lahir bayinya juga diberi perlakuan dengan cara alami, seperti tali pusar yang tidak dipotong secara paksa.

Menurut Dira, gentle birth yang merupakan metode persalinan alami tanpa trauma, alat bius, atau infus‎ memberikan efek positif, baik untuknya maupun buah hati. Penyanyi berkulit eksotis ini mengaku wajahnya tetap segar serta tidak bengkak setelah proses melahirkan. Meski sedikit disesalkan, Dira juga menjalani tiga jahitan.

"Waktu itu aku bingung mau ngeden atau enggak. Karena katanya terserah, aku ngeden. Kalau enggak, bisa enggak dijahit sama sekali," ‎ujarnya.

Tak hanya memiliki pengalaman melahirkan yang tenang dan tidak traumatik, Dira juga merasakan sejumlah ‎manfaat gentle birth pada anaknya. Penyanyi asal Bandung tersebut melihat putrinya lebih tenang, jarang menangis, dan tidak rewel. Savanna juga menjadi cukup lihai berenang, memiliki kontak mata yang cenderung cepat, dan merespon dengan baik ketika diajak berkomunikasi.

Sudah memiliki anak tak lantas membuat Dira melupakan segala cita-citanya. Kepada Wolipop, Dira menuturkan bahwa ia akan segera meluncurkan album di awal tahun depan. Wanita yang juga seorang vegetarian itu pun masih ingin meneruskan sekolah musik dengan mengambil jurusan music therapy.

(eny/als)