8 Aktivitas Membangun Kekompakan yang Bisa Dilakukan Anak dan Orangtua

- wolipop Rabu, 10 Sep 2014 12:08 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Membangun kekompakan keluarga dengan melakukan kegiatan bersama-sama bisa jadi terasa sangat mengasyikkan. Dalam membangun kekompakan dan keharmonisan keluarga ini, orangtua mempunyai peranan penting dalam menjalankannya.

Menurut buku 'Fun and Learning for Parents and Children: An Activities Handbook' yang ditulis oleh Joseph Azar, kompak beraktivitas dengan keluarga bisa dilakukan di dalam maupun di luar rumah. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan untuk membangun kekompakan keluarga? Berikut ulasannya :

1. Memasak
Banyak aktivitas yang dapat dilakukan bersama-sama. Salah satunya adalah memasak. Ajak buah hati untuk membantu Anda menyiapkan makanan, seperti mengeluarkan bahan-bahan masakan dari kulkas, menyiapkan peralatan makan atau sekadar menemani Anda di dapur. Kompak menyiapkan makanan untuk dihidangkan dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda. Bantu juga mereka untuk mengenali perbedaan warna, rasa dan ukuran dari benda-benda yang ada di sekitar dapur. Pastikan juga tidak ada benda tajam yang membahayakan.

2. Menonton TV
Cari tontonan menarik seperti film animasi atau program edukasi untuk anak-anak. Hal ini akan merangsang daya ingat buah hati dalam mengenal gambar, angka dan huruf. Ajak pula mereka untuk mengenali benda-benda yang terdapat di sekelilingnya, seperti meja, sofa, atau lampu. Hal ini bisa dilakukan bersama-sama oleh kedua orangtua agar terasa lebih kompak dan menyenangkan.

3. Membaca Buku Cerita
Para orangtua bisa mengajak anak untuk membaca buku cerita bersama. Ketahui cerita kesukaannya dan bacakanlah ia buku tersebut. Setelah selesai membaca, minta dia untuk menceritakan kembali. Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih kemampuan membaca dan berbicara serta melatih daya tangkap dari ingatan buah hati. Anda bisa membacakan buku cerita bersama pasangan secara bergantian.

4. Menggambar
Latih kreativitas seni buah hati Anda dengan mengajaknya untuk menggambar pemandangan atau anggota keluarga. Bantulah mereka untuk bereksperimen menggunakan alat gambar seperti spidol atau pensil warna. Anda juga bisa melatih kekompakan buah hati dengan menggambar wajah satu sama lain. Setelah selesai menggambar, sediakan tempat untuk menaruh hasil karyanya, misalnya menempel di dinding atau di pintu. Dengan begitu, sang buah hati akan merasa lebih dihargai.

5. Menyikat Gigi
Kamar mandi merupakan tempat yang tepat untuk mengajarkan anak tentang kebersihan. Salah satunya adalah dengan kompak menyikat gigi bersama-sama. Ajarkan buah hati untuk menyikat gigi sendiri. Selain melatih otot tangan, menyikat gigi di depan cermin dapat membantunya untuk belajar tentang ekspresi wajah. Tidak hanya itu saja, indra penciuman juga dapat dilatih dengan cara mengenalkan benda-benda yang berada di kamar mandi, seperti sabun, shampoo, dan pasta gigi.

6. Merapikan Lemari
Mengerjakan pekerjaan rumah bisa juga dilakukan bersama buah hati. Ajak mereka untuk membantu Anda merapikan baju sambil memberikan deskripsi tentang pakaian agar mereka dapat membedakan t-shirt, kemeja, celana, atau rok. Biarkan mereka memilih pakaian yang ingin mereka pakai untuk sehari-hari atau untuk tidur. Kegiatan ini dapat menjadi hal yang menyenangkan apabila dilakukan bersama-sama.

7. Berkebun
Apabila Anda senang bercocok tanam, ajak juga si kecil untuk membantu berkebun. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan aktivitas di luar rumah ini. Salah satunya adalah kompak bersama sang buah hati untuk menanam bunga atau menyiram tanaman sambil memperhatikan lingkungan sekitar dan mengenalkannya pada alam. Dengan begitu, anak jadi bisa beradaptasi dengan hal-hal baru di sekitarnya.

8. Piknik
Membangun kekompakan dapat dilakukan dengan kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarga, salah satu yang menarik adalah piknik. Kegiatan di luar rumah ini tidak harus dilakukan di tempat yang jauh, bisa saja Anda melakukannya di taman rumah sendiri atau taman yang letaknya tidak jauh dari kediaman Anda. Ajak anak-anak untuk mengenali lingkungan sekitar, seperti jenis bunga yang tumbuh di taman, atau orang-orang yang ditemui. Jangan lupa siapkan juga makanan kesukaan si buah hati. Untuk membuat piknik menjadi lebih menarik, tidak ada salahnya tampil kompak dalam berpakaian dengan memilih baju berwarna senada.

(eny/fer)