Trik Cathy Sharon Agar Anaknya Tak Cepat Bosan dengan Mainan

- wolipop Kamis, 03 Jul 2014 18:15 WIB
Foto: Eny kartikawati/Wolipop Foto: Eny kartikawati/Wolipop

Jakarta -

Bagi Anda yang sudah menjadi ibu, pasti pernah mengalami situasi anak cepat bosan dengan mainannya. Mantan VJ MTV Cathy Sharon yang kini telah punya seorang putra merasakan pula hal ini. Bagaimana trik Cathy untuk menyiasati situasi tersebut?

Agar anak tak cepat bosan pada mainannya, Cathy memiliki beberapa trik. Pertama dia berusaha sekreatif mungkin ketika bermain dengan buah hatinya, Jacob, yang kini sudah berusia lebih dari setahun. Kakak dari Julie Estelle itu berusaha agar mainan tersebut tak hanya memiliki satu jenis fungsi saja. Dia akan mencoba menjadikan mainan tersebut sebagai benda lain yang mungkin saja membuat putranya senang.

Trik kedua dari Cathy adalah dengan mengikuti apa yang memang diinginkan putranya. Ketika Jacob bosan pada mainan tertentu dan berganti main benda lain, dia akan tetap mendampinginya. Kunci pada trik ini adalah sabar.

"Aku ikuti aja apa yang dia mau. Dia mau ngapain. Kadang-kadang dia akan balik lagi ke mainan pertama yang dia tinggalin tadi," ujar Cathy.

Trik ketiga yang diterapkan wanita 32 tahun itu adalah dengan menyimpan dan merotasi mainan. Ketika Jacob berulangtahun pertama dan mendapat banyak hadiah, dia tidak membuka semua kado tersebut. Dia akan memilahnya terlebih dulu mana yang sesuai dengan usia putranya.

"Kalau sudah sesuai dengan kebutuhannya dia, dia butuh stimulasi baru, baru aku keluarin mainan lagi," ujar Cathy saat ditemui di peluncuran Fisher Price Play IQ Lebih Dari Main, di atrium Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Kamis (3/7/2014).

Rotasi mainan menurut Cathy juga bisa menjadi trik agar anak tak cepat bosan dengan mainannya. Biasanya dia akan memilih beberapa mainan untuk dimainkan dan beberapa mainan lain untuk disimpan. Ketika sang anak sudah bosan dengan mainan yang ada, dia akan mengeluarkan mainan yang sebelumnya disimpan.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan apa yang dilakukan Cathy sudah cukup tepat. Menurutnya orangtua memang harus kreatif agar anak tidak cepat bosan dengan mainannya.

"Anak cepat bosan dengan mainan itu wajar karena rentah perhatian anak masih pendek-pendek," ujar Vera.




(eny/fer)