52% Wanita Merasa Kehilangan Jati Diri Setelah Jadi Ibu

- wolipop Kamis, 16 Jan 2014 07:24 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menjadi ibu merupakan suatu tantangan tersendiri untuk wanita. Tidak heran jika wanita kemudian mengalami depresi pasca melahirkan atau baby blues. Begitu sulitnya menjadi ibu, sampai-sampai 52% wanita merasa kehilangan identitasnya setelah melahirkan.

Hal itu terungkap dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Nurofen for Children dan dikutip Mail Online. Dari survei itu terungkap banyak wanita merasa stres saat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada hidupnya pasca memiliki anak.

Ada 55% wanita yang disurvei, mengakui sulit merasa terbiasa dengan fakta mereka kini tidak bisa lagi pergi sesuka hati seperti ketika belum punya momongan. Sementara 35% wanita juga mengatakan mereka merindukan masa-masa pergi bekerja atau keluar dari rumah untuk melakukan suatu kegiatan.

Namun tantangan terbesar wanita setelah menjadi ibu bukanlah soal diri mereka tidak bisa lagi berpergian sesuka hati. Justru menjalani tugas-tugas baru pasca melahirkan itulah yang membuat ibu stres. Lebih dari 50% wanita yang disurvei mengaku mereka merasa tidak percaya diri karena kurang memahami berbagai hal terkait merawat bayi, mulai dari masalah kesehatan, makanan dan keamanan. Ibu juga merasa bingung ketika bayi mereka sering menangis atau tidak mau tidur.

Sebanyak 24% responden lainnya mengatakan aktivitas menyusui merupakan suatu tantangan lainnya yang tidak mudah untuk dilakukan. Dan hampir 50% wanita mengakui, tantangan hidup mereka setelah melahirkan semakin bertambah ketika kerap mendapat penilaian dari orang lain soal cara mengasuh bayi.

Dengan begitu banyaknya tantangan itu membuat para wanita yang pertamakali menjadi ibu merasa mereka baru benar-benar menikmati tugas barunya setelah bayi makin besar. Satu dari enam wanita mengatakan mereka tidak lagi terlalu stres dan merasakan kenikmatan menjadi ibu setelah bayi berusia satu tahun.

Tak hanya itu saja, bagi para wanita meskipun setelah memiliki bayi ada banyak sekali hal berubah dalam hidup mereka dan begitu banyak tantangan harus dihadapi, mereka tidak menyesal. Delapan dari 10 wanita yang mengikuti survei mengakui memiliki anak adalah hal terbaik dalam hidup ini.

(eny/hst)