4 Dilema Ibu Soal Cara Mengasuh Bayi yang Baru Dilahirkan

- wolipop Rabu, 21 Nov 2012 18:32 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menjadi seorang ibu merupakan momen yang membahagiakan bagi setiap wanita. Namun, tak jarang banyak hal baru yang seringkali membingungkan dan membuat para ibu baru resah dan kewalahan. Hal-hal yang sering dilakukan dalam aktivitas sehari-hari otomatis berubah dan tidak lagi sama seperti sebelumnya

Seorang wanita yang baru melahirkan dan berubah statusnya menjadi ibu baru, seringkali mengalami kebingungan akan situasi baru yang dihadapinya. Mulai dari haruskah ia manjaga ketenangan ketika buah hatinya teridur, bagaimana jika harus meninggalkan balita untuk mandi, dan lain sebagainya. Berikut adalah tips untuk mengatasinya seperti yang dipaparkan babycenter.

1. Apakah ruangan harus selalu tenang?
Banyak pasangan orangtua baru yang menjaga agar suasana ruamah mereka tetap tenang, terlebih lagi ketika buah hati mereka sedang tertidur. Namun, sebenarnya bayi yang baru lahir amat mudah terlelap, baik itu dalam suasana ruangan yang agak berisik misalnya karena ada suara pengering rambut, suara pendingin ruangan (AC), suara dari mesin cuci yang Anda nyalakan, maupun dalam ruangan yang tenang. Buatlah balita memahami perbedaan antara suasana siang ataupun malam hari. Misalnya dengan pencahayaan yang lebih terang ataupun suasana yang cenderung lebih ramai pada siang hari.

2. Bolehkah melakukan hal lain ketika menyusui?
Menonton televisi, menerima panggilan yang masuk, ataupun berbicara dengan orang lain, bukanlah gangguan yang berarti ketika Anda menyusui sang buah hati. "Hanya saja usahakan agar penerangan tetap temaram dan suasananya lebih tenang jika Anda menyusui balita pada malam hari," ujar dokter anak dan co-author dari buku 'Heading Home With Your Newborn: From Birth to Reality' Jennifer Shu.

3. Bagaimana jika ingin mandi saat hanya berdua dengan bayi?
Taruhlah buah hati pada tempat yang aman semisal bouncy seat khusus balita ketika Anda mandi. Ia aman, dan Anda pun dapat mandi dengan tenang. Hal serupa juga dapat Anda lakukan untuk melakukan aktivitas lain yang penting, misalnya saat harus ganti baju pasca terkena pipis atau pup bayi.

4. Akankah tamu yang ingin melihat bayi mengganggu?
Ketika mendengar kabar Anda sudah melahirkan, kerabat dan teman-teman terdekat cenderung akan datang beramai-ramai untuk melihat bayi. Namun, jika yang datang dalam jumlahnya terlalu banyak dan tidak terkontrol, tentunya membuat kebisingan yang akan mengganggu ketenangan sang buah hati. Oleh karena itu, batasilah jumlah pengunjung yang datang ataupun tentukan waktu kedatangan mereka.

(eny/eny)