Masak Bersama Anak, Eratkan Kebersamaan Keluarga

- wolipop Selasa, 06 Nov 2012 15:18 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menghabiskan kegiatan keluarga bersama di dapur dengan memasak adalah hal yang baik. Seperti dikutip dari She Knows, seorang ahli anak dan nutrisi dari University of Miami's Centre untuk pengembangan anak, Sheah Rarback mengatakan bahwa waktu di dapur bersama anak-anak terbukti dapat membangun ikatan keluarga yang kuat.

Tapi sebelum mulai acara masak-memasak, ikuti dulu langkah-langkah berikut ini agar semua bisa dilakukan dengan nyaman, aman dan menyenangkan.

1. Pilih Waktu yang Tepat
Sebaiknya pastikan kegiatan akhir pekan Anda tidak penuh agar Anda dan si kecil bisa lebih leluasa memasak dan tidak diburu waktu. Selain memastikan jadwal, lihat juga kondisi si kecil. Pilih waktu saat mereka sudah mendapatkan waktu istirahat yang baik.

2. Buat Rencana yang Matang
Mulailah merencanakan makanan apa yang ingin dibuat. Ajak si kecil melihat-lihat buku resep dan biarkan dia memilih menu yang ingin dimasak, tentunya dengan tahap pembuatan yang mudah. Jika si kecil sudah terbiasa dengan resep yang mudah, Anda bisa memberikan menu yang lebih menantang.

3. Masak Itu Menyenangkan
Buang semua aturan memasak Anda, jadikan kegiatan ini lebih menyenangkan. Biarkan si kecil memilih celemek mereka sendiri atau mengenakan topi ala koki. Jangan lupa untuk berfoto! Agar acara memasak lebih menyenangkan, siapkan peralatan makan yang menarik, seperti piring bermotif lucu dan berwarna ceria.

4. Keselamatan yang Utama
Anak-anak membutuhkan pengawasan ketika berada di dapur. Anak-anak pra-sekolah harus belajar untuk tidak menyentuh mixer, panci panas dan kompor. Anak-anak yang lebih dewasa juga tetap harus diperhatikan ketika berhadapan dengan pisau dan kompor.

5. Makan bersama
Ini merupakan bagian yang paling menyenangkan. Ajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipi makanan buatan Anda dan si kecil. Rasanya kurang lezat? Tak masalah, yang penting kebersamaan!

Ayo nominasikan wanita inspiratif pilihan Anda, di Sunlight 100 Kekuatan Cinta Wanita


(hst/hst)