8 Cara Atasi Lelah Ketika Menjadi Ibu Baru

- wolipop Minggu, 12 Agu 2012 16:01 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Rasa sakit selama proses persalinan seketika sirna ketika mendengar si kecil menangis. Menimang dan mengasuhnya menjadi pekerjaan yang paling Anda cintai. Tetapi mengapa rasa lelah tidak bisa pergi begitu saja?

Merasa lelah selalu menjadi keluhan yang hampir dilontarkan oleh setiap wanita yang baru memiliki bayi. Tidak hanya karena merawat si kecil, tetapi juga proses pemulihan pasca melahirkan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Kondisi Anda yang kurang tidur karena si kecil yang suka terbangun di tengah malam akan sangat sulit untuk membuat tubuh kembali fit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa yang dapat bantu Anda mengatasi rasa lelah tersebut. Seperti yang dikutip dari sheknows, ini dia caranya.

1. Perhatikan Kondisi Fisik Anda
Pertama yang harus Anda lakukan adalah konsultasi kepada dokter untuk mengetahui kondisi fisik sebenarnya. Banyak wanita yang mengalami kelelahan karena merasa depresi. Dengan konsultasi Anda akan tahu penyebab rasa lelah yang dirasakan selama ini.

2. Sarapan dengan Makan Bergizi
Walaupun Anda sibuk memenuhi kebutuhan si kecil, tetapi Anda tidak boleh melewatkan sarapan. Sarapan yang sehat akan bantu tubuh menjaga gula darah tetap stabil. Seorang peneliti Cardiff University di Inggris menemukan fakta bahwa, sarapan akan membantu Anda mengontrol hormon stres dan kortisol, yang secara tidak langsung akan membantu menjaga berat badan Anda. Konsumsi oatmeal atau roti gandung yang ditambah dengan buah-buahan segar akan sangat membantu.

3. Sediakan Makanan Sehat
Gantilah keripik kentang, kue-kue kering, dan makanan berlemak lainnya dengan makanan yang kaya akan serat. Penuhi kulkas Anda dengan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, sereal sehat, susu dan yougurt rendah lemak serta kacang-kacangan. Selain baik bagi percernaan, makanan tersebut juga bisa menjadi penambah energi Anda.

4. Rutinlah Mengkonsumsi Kudapan Setiap Hari
Saat bersama si kecil Anda mungkin tidak sempat untuk makan tepat waktu. Usahakan Anda untuk tetap konsumsi kudapan sehat setiap empat jam sekali bila tidak sempat makan siang atau makan malam. Ini akan membantu gula darah Anda tetap stabil sehingga akan membuat tubuh terasa fit sepanjang hari.

5. Hindari Makanan Ringan yang Mengandung Gula atau Lemak Tinggi
Makanan ringan bergula atau berlemak tinggi seperti permen, biskuit, dan keripik kentang dapat memberikan dorongan energi. Namun, itu hanya untuk sementara saja, setelah itu Anda akan merasa lebih lelah dari sebelumnya. Berikan energi pada tubuh dengan mengkonsumsi almond, kismis, buah, atau yogurt yang mengandung protein sehat.

6. Tidurlah Bersama Si Kecil
Pasca melahirkan Anda memerlukan istirahat sebanyak mungkin, dan itu tidak bisa dilakukan bila sang buah hati sedang bangun. Jadi tidurlah bersama si kecil, lupakan tugas rumah sementara waktu. Dengan begini Anda akan memiliki energi ketika harus bangun untuk menyusuinya ditengah malam.

7. Biarkan Suami Membantu Anda
Anda dan suami merupakan tim yang saling melengkapi. Tidak ada salahnya sesekali ia menggantikan Anda memberi makanan kepada si kecil. Simpanlah ASI di kulkas yang sebelumnya telah dipompa dan biarkan suami mengambil alih tugas Anda sementara waktu. Atau bila benar-benar merasa lelah, mintalah bantuan kepada orang terdekat misalnya ibu, kakak atau adik untuk datang dan membantu Anda beberapa saat.

8. Nikmati Waktu Bersama Bayi Anda
Waktu-waktu mengurusnya akan cepat berlalu, cara terakhir untuk menepis kelelahan adalah menikmati waktu bersamanya. Walaupun disibukan dengan segala tangisan dan pekerjaan rumah tetapi menikmati waktu bersama buah hati bisa menjadi obat penambah energi paling manjur.





(eya/eya)