Ini Caranya Agar Ibu yang Sibuk Bisa Berolahraga

- wolipop Senin, 23 Apr 2012 18:39 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Seorang ibu kerap kali tidak mempunyai waktu untuk mengurus diri sendiri. Ketika waktu itu ada, pilihan mereka bukan pada olahraga.

Padahal olahraga bisa mengendalikan berat badan, memperkuat otot dan tulang, lebih berenergi, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ibu harus memiliki stamina yang fit agar tubuh tetap sehat sepanjang hari.

Bagaimana caranya agar bisa berolahraga di sela-sela kesibukan mengurus rumah? Simaklah langkah berikut agar bisa olahraga di tengah kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga seperti dikutip dari Live Strong.

1. Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri
Ibu yang sibuk sering merasa tidak punya waktu mengurus diri. Aktivitasnya sehari-hari hanya untuk anak dan keluarga. Tak ada lagi olahraga rutin atau mengikuti kegiatan kebugaran yang bagus bagi kesehatan. Namun, olahraga bisa menyehatkan serta menghilangkan stres. Oleh karena itu, coba sediakan sedikit waktu untuk diri Anda. Berjalan kaki di sekitar rumah atau yoga di halaman belakang sebelum anak-anak bangun menjadi latihan yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, renang dengan anak juga merupakan kegiatan fisik yang memungkinkan Anda mendapatkan waktu olahraga di tengah kesibukan.

2. Bagi Waktu Olahraga
Dalam satu hari, olahraga selama 30 menit atau lebih rasanya tidak mungkin dilakukan karena anak yang masih kecil. Anda bisa mengambil waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk berolahraga. Mulailah dengan yoga di pagi hari supaya Anda lebih rileks menjalani hari. Olahraga di rumah, seperti stretching, lompat tali, dan sebagainya yang bisa membuat badan berkeringat selama 10 sampai 20 menit. Kemudian, berjalan kaki memutar komplek sebelum makan malam. Latihan tersebut membantu Anda membangunkan kembali stamina agar tubuh selalu bertenaga.

3. Berolahraga Bersama Keluarga
Waktu yang Anda habiskan dengan anak serta suami bisa dipergunakan untuk berolahraga. Ajak keluarga bermain skate, jogging, renang, bersepeda, atau kegiatan olahraga lain yang dapat dilakukan bersama-sama. Jika Anda memiliki anak balita, letakkan dia di atas karpet tebal atau selimut. Biarkan dia bergerak di samping Anda. Posisikan diri Anda tepat di hadapannya supaya bisa terus melakukan kontak mata dan lakukan latihan di tempat, seperti menekuk lutut, jongkok, push up, dan sit up.

4. Olahraga Sambil Bekerja
Mungkin Anda tidak dapat menyisihkan waktu untuk berolahraga karena kegiatan yang terlalu padat. Jangan khawatir, Anda bisa latihan sambil bekerja, misalnya mengantar anak sekolah di pagi hari. Berjalan kaki atau mengendarai kendaraan sendiri bisa membantu otot kaki lebih bekerja. Pada sore hari, ajak anak pergi ke taman. Biarkan mereka bermain sementara Anda berolahraga. Anda dapat berlari-lari kecil mengelilingi taman ditambah latihan yang sederhana seperti stretching atau peregangan.



(eny/eny)