Olahraga Berkuda Punya Banyak Manfaat untuk Si Kecil

- wolipop Jumat, 02 Des 2011 15:25 WIB
Dok. JN Stud
Jakarta - Olahraga berkuda atau Equestrian terbilang belum cukup populer di Indonesia, jika dibandingkan dengan sepakbola atau bulu tangkis. Hal tersebut karena berkuda sering dipandang sebagai olahraga mahal oleh beberapa kalangan. Padahal menurut Rahmat Nasir, salah satu atlet Equestrian yang saat ini mempunyai sekolah berkuda JN Stud, olahraga ini sebenarnya tidak terlalu mahal.

"Berkuda itu tidak mahal, 1 jam latihan berkuda menghabiskan dana Rp 200 ribu. Bandingkan ketika Anda mengajak anak bermain di mall, pasti lebih banyak uang yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut," ujar Rahmat saat ditemui di sekolah berkudanya di kawasan Gunung Geulis, Bogor, Kamis (01/12/2011).

Selain itu, Rahmat menuturkan bahwa berkuda memiliki banyak manfaat bagi perkembangan dan kesehatan fisik maupun mental anak. Olahraga ini bisa melatih keseimbangan pada anak Anda, karena ketika menunggang kuda, posisi duduk yang seimbang harus dimiliki oleh setiap anak agar tidak terjatuh dari kuda tersebut. Selanjutnya, posisi duduk yang benar saat menunggang kuda akan membantu membentuk postur tubuh yang sempurna pada anak. Berkuda juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan, karena selama 1 jam berkuda dapat membakar sekitar 100-200 kalori.

"Berkuda membuat anak Anda bergerak, sehingga menjauhkan mereka dari kegemukan dan tentu saja membuat mereka tumbuh menjadi anak yang sehat. Selain itu, karena ini adalah olahraga outdoor, anak Anda bisa menghirup udara segar sambil berinteraksi sosial baik dengan sesama siswa dan instruktur, maupun berinteraksi dengan alam dan kuda itu sendiri," tambah Rahmat.

Hal tersebut diakui oleh Rosad, anak berusia 13 tahun yang menjadi salah satu murid sekolah berkuda di JN Stud. Ia mengungkapkan bahwa setelah 1,5 tahun berlatih di sekolah tersebut, dirinya merasa lebih percaya diri, berani, mandiri, bertanggungjawab dan disiplin. "Setelah latihan disini, saya jadi lebih berani. Padahal dulunya takut sama kuda, takut digigit sama ditendang," ujar Rosad.

Kapan seorang anak bisa memulai latihan berkuda? Anak usia enam tahun, sudah bisa mengikuti latihan lunging atau menunggang kuda. Tahap awal latihan ini adalah mengenalkan kuda kepada anak tersebut. Setelah itu, anak-anak akan diajarkan untuk menunggang kuda dengan posisi yang benar. Perlahan-lahan, instruktur akan mengajari mereka mengendalikan kuda seperti menyuruh kuda jalan, belok ke kiri, belok ke kanan dan mengerem, sampai mereka bisa melakukan walk-trot atau gerakan naik-turun saat menunggang kuda.

Sedangkan untuk balita, Rahmat menyarankan untuk mengajak mereka pony riding, yaitu menunggang kuda dengan didampingi instruktur dan untuk tujuan rekreasi karena anak usia tersebut masih belum bisa fokus menerima instruksi dari pelatih. Agar anak Anda bisa menunggang kuda dengan benar, waktu yang diperlukan relatif berbeda, tergantung dari daya tangkap anak tersebut.

"Ada yang 3 kali pertemuan sudah bisa, ada yang 7 kali pertemuan sudah bisa, tapi ada juga yang sampai 1 bulan ikut latihan baru bisa. Tergantung dari anaknya," kata Rahmat, yang sudah menjadi instruktur berkuda sejak 1996.

Jika Anda tertarik mengajak anak latihan berkuda, Anda bisa membawa mereka ke JN Stud, sekolah berkuda yang terletak di Jalan Gunung Geulis Golf No. 88, Sukaraja, Bogor. Latihannya berupa lunging atau menunggang kuda, dressage atau tunggang selasih, dan jumping atau mengajak kuda melompat melewati halang rintang.

JN Stud buka Selasa sampai Minggu dengan jam operasional 07.15 - 11.30, 14.00 - 17.00 dan 19.00 - 21.00. Paket sekolah berkuda yang mereka tawarkan cukup murah yaitu Rp 2 juta per 10x pertemuan atau Rp 270 ribu untuk 1x latihan, dengan kuda-kuda lokal maupun impor yang berkualitas bagus. Sedangkan untuk pony riding, dana yang dikeluarkan sebanyak Rp 100 ribu.

JN Stud sendiri sudah menelurkan beberapa atlit berkuda muda seperti Rosad. Sekolah ini memiliki cita-cita untuk menelurkan lebih banyak atlit berkuda yang mampu membawa nama harum Indonesia di manca negara. Tertark mencobanya? Karena JN Stud tidak hanya bisa dipakai untuk berlatih anak-anak, tetapi bisa juga untuk dewasa. Sehingga Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga Anda untuk bermain disini. Sejuk, sehat, dan merasakan pengalaman baru.


(hst/hst)