Tips Mencari Pengasuh untuk Si Kecil

- wolipop Jumat, 01 Apr 2011 10:14 WIB
Jakarta - Cukup banyak ibu bekerja yang mempercayakan anak mereka pada pengasuh. Namun terkadang memilih pengasuh yang benar dan tepat bisa memusingkan. Berikut ini tips bagaimana mencari pengasuh untuk anak, seperti dilansir ehow:

1. Memilih pengasuh anak dengan terburu-buru sangat tidak disarankan. Dalam mencari pengasuh, untuk menemukan yang sesuai hati Anda, perlu waktu dan kecermatan. Lalui semua proses yang harus dilewati dalam memilih pengasuh sebelum mengambil keputusan.

2. Buat daftar pengasuh anak seperti apa yang Anda inginkan. Daftar ini bisa berisi berbagai hal seperti:
- Apakah Anda mencari pengasuh full time atau part time?
- Apakah si pengasuh akan tinggal di rumah atau yang bisa pulang ke rumahnya?
- Apa saja tugas si pengasuh? Apakah dia juga mengurus pekerjaan rumah tangga?
- Berapa gaji yang Anda bisa bayar?
- Berapa umurnya dan bagaimana latar belakang keluarganya?
- Keahlian dan pengalaman apa yang harus dimiliki pengasuh?

Selain hal-hal di atas, mungkin Anda punya daftar sendiri yang bisa ditambahkan. Jika memang pertanyaan yang ada di daftar tersebut adalah syarat wajib Anda untuk si pengasuh, berpegang teguhlah pada itu. Kalau ternyata tidak kunjung menemukan pengasuh yang sesuai daftar tersebut, jangan mudah menyerah.

3. Cari berbagai sumber yang bisa memberikan Anda daftar agensi pengasuh, jika memang Anda berniat mencarinya dari agensi. Jangan berpegang pada satu agensi saja. Daftar agensi ini bisa Anda dapatkan dari teman, internet atau iklan. Pastikan agensi pengasuh itu memang memiliki reputasi yang baik. Galilah informasi sebanyak mungkin soal agensi tersebut.

4. Ketika Anda sudah memilih satu agensi, sekali lagi, banyak-banyaklah mencari informasi tentang agensi itu. Pertama, tanyakan dulu pada pihak agensi tersebut seperti bagaimana mereka memilih pengasuh, prosesnya seperti apa, cara mengecek latar belakangnya bagaimana, berapa lama agensi tersebut sudah berdiri dan pertanyaan lain yang memang Anda rasa perlu tanyakan. Jika agensi pilihan Anda terkesan malas menjawab pertanyaan Anda dan menutup-nutupi, segera cari agensi lain.

5. Setelah akhirnya mendapatkan pengasuh dari satu agensi, jangan buru-buru menerimanya. Wawancara dulu pengasuh tersebut. Tanyakan pertanyaan sesuai daftar yang sebelumnya sudah Anda buat.

6. Khusus untuk latar belakang keluarganya, kalau memang memungkinkan kroscek lagi kebenaran dari pernyataan si pengasuh. Pastikan juga Anda memiliki nomor telepon pihak keluarganya dan foto kopi kartu identitasnya yang masih berlaku.

7. Jika memang diperlukan, buatlah kontrak kerja atau surat perjanjian dengan pengasuh si kecil. Surat perjanjian ini bisa berguna kalau ternyata si pengasuh berbuat macam-macam.


(eny/hst)