Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Akan Melahirkan?

- wolipop Jumat, 18 Mar 2011 10:02 WIB

Jakarta - Melahirkan jadi momen yang paling ditunggu wanita hamil. Sebelum momen tersebut datang, ada baiknya menyiapkan berbagai perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit sejak jauh hari.

Packing sebaiknya dilakukan saat usia kandungan delapan bulan karena Anda bisa kapan saja melahirkan menjelang tanggal perkiraan dokter. Pada usia tersebut, biasanya para wanita hamil juga sudah berbelanja kebutuhan bayi.

Seperti dikutip babycenter, ada tiga keperluan yang bisa jadi panduan Anda dalam mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit. Pertama, keperluan saat akan melahirkan, sesudah melahirkan, untuk suami dan bayi.

Keperluan Saat Akan Melahirkan

Siapkan tas yang cukup besar untuk menaruh berbagai perlengkapan Anda. Barang bawaan yang pertama disiapkan adalah buku catatan kehamilan. Buku tersebut sangat penting karena jika Anda harus tiba-tiba ke rumah sakit dan diterima oleh dokter atau perawat jaga, buku itulah yang jadi acuan mereka.

Setelah buku, bawa perlengkapan seperti peralatan mandi mulai dari handuk sampai sabun. Memang biasanya ada beberapa rumah sakit yang menyediakan peralatan mandi, namun tidak ada salahnya juga Anda membawa untuk berjaga-jaga dan siapa tahu ingin memakai peralatan sendiri dari rumah.

Jangan lupa juga untuk membawa sandal dan kaos kaki. Sandal yang nyaman diperlukan untuk berjalan-jalan di rumah sakit, jika memang saat tiba di sana, Anda baru sampai pembukaan 1 atau 2. Berjalan-jalan adalah salah satu cara untuk mempercepat pembukaan. Sedangkan kaos kaki dipakai jika Anda merasa AC kamar rumah sakit terlalu dingin.

Selain berbagai benda di atas, yang juga sebaiknya Anda bawa adalah apapun yang bisa membuat rileks. Misalnya saja, bantal yang biasa Anda gunakan untuk tidur atau novel favorit.

Keperluan Sesudah Melahirkan

Setelah melahirkan, ada cukup banyak perlengkapan yang harus disiapkan. Pertama adalah pembalut khusus untuk wanita setelah melahirkan. Pembalut tersebut berbeda dengan pembalut untuk menstruasi, namun tidak sulit didapat. Anda bisa membelinya di berbagai supermarket besar atau di apotek.

Selain pembalut, jangan lupakan juga bra menyusui. Bra tersebut berguna karena biasanya setelah bayi lahir, ASI akan keluar secara otomatis dari puting Anda. Jika Anda memilih memakai bra, bra khusus tersebut sangat berguna.

Benda yang juga diperlukan setelah melahirkan adalah gurita. Memakai gurita atau tidak adalah pilihan Anda. Beberapa rumah sakit pun ada yang tidak mengharuskan pasiennya memakai gurita setelah melahirkan. Dari segi medis, gurita dapat mencegah luka tertekan dari dalam sehingga baik untuk proses penyembuhan.

Baju untuk pulang dan makanan ringan tak kalah pentingnya dengan tiga perlengkapan yang sudah disebutkan di atas. Baju yang dibawa sebaiknya baju longgar karena setelah melahirkan pun, tubuh Anda belum mengalami perubahan terlalu drastis.

Perlengkapan Untuk Suami & Bayi

Memang suami bisa mempersiapkan sendiri perlengkapannya. Namun tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan apa saja yang perlu dibawa suami saat menemani Anda melalui proses melahirkan.

Sama seperti Anda, suami juga perlu peralatan mandinya dan beberapa baju ganti. Jangan lupa juga untuk membawa kamera atau handycam jika Anda ingin momen bersejarah itu diabadikan.

Sedangkan untuk bayi, biasanya pihak rumah sakit menyediakan berbagai perlengkapan selama bayi berada di sana. Jadi yang perlu Anda siapkan adalah perlengkapan saat bayi pulang.

Bawa satu set busana bayi, mulai dari bajunya, kaos dalam, sarung tangan dan kaki, topi dan selimut. Untuk Anda yang pulang dengan mobil pribadi, pastikan mobil tersebut sudah dipasang car seat untuk bayi Anda.



(eny/hst)