Berlian Bisa Mengobati Kanker Ganas

- wolipop Sabtu, 12 Mar 2011 11:44 WIB
Jakarta - Berlian banyak digemari oleh para wanita walaupun harganya cukup tinggi. Bagi wanita, berlian telah menjadi sahabat dan simbol cinta yang abadi. Tetapi siapa sangka bila ternyata berlian dapat mengobati penyakit kanker.

Seperti dikutip dari Times of India, sebuah penelitian dari Northwestern University, Evanston, Illinois yang dimuat dalam jurnal Science Translational Medicine, telah menemukan obat untuk kemoterapi yang menggunakan parikel karbon berlian nano. Partikel karbon berlian nano ini dapat menjadi solusi untuk mengobati penyakit kanker.

Berlian nano sendiri adalah sebuah partikel karbon kecil yang berdiameter 2-8 nanometer dengan stuktur terpotong dan tidak memiliki racun. Berlian tersebut juga cukup murah untuk diproduksi dalam jumlah banyak.

Dean Ho dan rekan-rekannya yang bergabung dalam penelitian tersebut, telah menguji manfaat berlian nano pada tikus dan terbukti dapat membantu obat penyakit kanker payudara dan hati. Tehnik pengobatan ini dilakukan dengan melampirkan obat kemoterapi ke dalam partikel karbon berlian nano.

Dengan tehnik tersebut, obat kemoterapi dan doxorubicin dapat masuk ke dalam tumor yang biasanya kebal kemoterapi. Tehnik tersebut juga dapat menyusutkan tumor dan membuat kesempatan hidup penderita bertambah.

(eny/eny)