ADVERTISEMENT

5 Tips Mengatasi Ngantuk di Kantor

- wolipop Senin, 14 Feb 2011 10:11 WIB
Jakarta - Rasa ngantuk menjadi salah satu musuh di kantor. Bagaimana mengatasi rasa ngantuk agar tetap semangat saat bekerja?

Rasa ngantuk dapat menurunkan produktivitas. Rasa ngantuk juga membuat hari-hari di kantor menjadi tidak bergairah dan menurunkan mood.

Seperti dikutip Idiva, tips berikut ini dapat menangkal rasa kantuk yang berlebih di kantor.

Berjalan
Jika sudah terserang ngantuk, tinggalkan pekerjaan sejenak dan berjalanlah di sekitar gedung kantor. Beranjak dari kurs dan melakukan pergangan otot dapat melepaskan dari kelesuan. Tapi sebaiknya jangan keluar kantor, karena paparan sinar matahari yang menyorot ke kepala dapat membuat Anda semakin pusing di tengah rasa kantuk.

Pasang musik
Hidupkan iPod atau alat penyetel lagu. Musik akan membangkitkan semangat. Lupakan lagu-lagu slow dan beralihlah ke musik hip hop atau rock and roll yang membuat tubuh Anda sedikit bergoyang. Ingat, pakai headset saat mendengarkan musik agar rekan lain tidak terganggu.

Teh hijau

Kopi bukan ide yang baik untuk mengatasi rasa kantuk Anda. Beralihlah dengan minum teh hijau. Hampir sama dengan kopi, teh hijau juga mengandung  kafein, tapi teh hijau lebih baik karena memberikan tubuh banyak anti oksidan. Bagus juga untuk menjaga bentuk tubuh Anda.

Make-up
Wajah lesu Anda seketika akan segar berkat make-up. Semprotkan face water dan oleskan pelembab. Aplikasikan juga lip gloss. Voila! wajah Anda tampak lebih segar dan lebih cerah.

Membersihkan meja
Sedikit banyaknya meja memberi pengaruh pada kinerja kerja. Rasa ngantuk dan meja kerja yang berantakan semakin membuat Anda tidak bersemangat. Dengan membersihkan meja, Anda melakukan aktivitas fisik yang berpengaruh pada kinerja otot yang membuat Anda lebih segar. Setelah meja bersih Anda pun lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.


(kik/kik)