ADVERTISEMENT

5 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas Kerja

- wolipop Jumat, 04 Feb 2011 10:12 WIB
Jakarta - Kantor bisa diibaratkan sebagai rumah kedua, karena kita menghabiskan waktu minimal delapan jam setiap harinya di sana untuk bekerja keras. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa kinerja pekerja dipengaruhi oleh hal-hal disekitarnya.

Keadaan ruang kerja Anda, mungkin saja salah satu hal yang bisa meningkatkan produktivitas kerja. Seperti dikutip Times of India, berikut iniĀ  yang bisa Anda lakukan untuk ruang kerja agar semakin semangat dalam bekerja.

Mengatur
Simpan dan buang hal-hal yang tidak diperlukan di meja Anda secara rutin. Sediakan rak untuk bisa menumpukkan dokumen-dokumen penting dan pisahkan dokumen bulanan dengan dokumen untuk klien. Hal ini untuk mempermudah Anda mendapatkannya jika kembali diperlukan.

Meletakkan daftar rencana
Letakkan desk planner, seperti kalender yang bisa diisi dengan jadwal penting. Anda bisa mengatur jadwal meeting dengan klien atau deadline proyek yang harus diselesaikan. Bedakan dengan pulpen berwarna cerah agar lebih mudah dilihat.

Taruh frame foto
Foto dapat berbicara seribu kata dan dapat memberikan semangat saat bekerja. Anda bisa memasang foto bersama keluarga, suami atau anak. Tapi hindari untuk memajang foto Anda berciuman atau berpelukan mesra dengan suami atau kekasih karena bisa merusak karir Anda jika Anda memasang foto yang terlalu 'vulgar'.

Tanaman
Taruh pot kecil yang berisi tanaman di meja Anda. Tanaman hijau dapat melawan lelah pada mata saat seharian bekerja di depan komputer. Coba juga latihan untuk menguatkan otot mata Anda, caranya dengan menatap daun hijau selama Anda bisa, tanpa bekedip. Lalu, tutup mata Anda dan buka dengan perlahan. Ulangi sekitar lima hingga tujuh kali. Tidak hanya memperkuat otot mata tapi juga mampu membersihkan dari bintik kecil dan kotoran pada mata.

Memasang poster atau lukisan

Anda dapat memasang poster penyanyi atau selebritis favorit Anda untuk penyemangat kerja Anda. Anda bisa juga memajang lukisan dari si kecil yang penuh warna ceria, hal ini akan mengangkat suasana hati Anda pada hari-hari yang buruk.

Cara-cara berikut ini juga dapat meningkatkan produktivitas Anda.
Twitter dan Facebook Membuat Karyawan Lebih Produktif
Bangkitkan Produktivitas Melalui Feng Shui Ruang Kerja
Kiat Mengembalikan Produktivitas Kerja Yang Menurun
(kik/kik)