ADVERTISEMENT

5 Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Perjalanan Dinas

- wolipop Rabu, 01 Des 2010 11:35 WIB
Jakarta -
Perjalanan dinas bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi, jika Anda mulai bosan dengan rutinitas kerja di kantor, ke luar kota atau ke luar negeri dapat menyegarkan kembali pikiran Anda.

Tapi, bukan hanya sekedar bersenang-senang saja, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam perjalanan dinas untuk mengembangkan karir Anda dan kemajuan perusahaan. Seperti dikutip dari ehow, agar perjalanan dinas tidak sia-sia, berikut ini hal-hal yang perlu disiapkan.

Rencanakan
Perjalanan dinas tidak selalu disiapkan oleh kantor. Akomodasi, transportasi dan penginapan terkadang harus mencari sendiri. Booking lah hotel dan transportasi sebelumnya. Jika Anda berencana menghadiri konferensi besar yang dihadiri oleh banyak orang dari berbagai kota atau negara, pastikan Anda memesannya dari jauh-jauh hari.

Mengatur janji

Agar perjalanan dinas Anda lebih bermanfaat, jangan hanya fokus terhadap satu hal. Anda bisa membuat janji dengan klien-klien lainnya, jadi pastikan Anda sudah menghubungi klien dan mengatur janji untuk rapat di kota tujuan.

Menyiapkan data dan presentasi
Jika Anda 'meeting' dengan klien, tentunya Anda memerlukan data-data atau bahkan Anda akan memberikan sedikit presentasi. Untuk itu, sebelum Anda melakukan perjalanan, siapkan segala sesuatunya secara lengkap dan teliti.

Menyiapkan pakaian
Siapkan beberapa pakaian formal, untuk mengantisipasi bila terjadi meeting dengan klien atau makan malam formal.

Membawa peralatan
Siapkan peralatan kantor seperti laptop, agenda, jurnal, flash disk, CD kosong atau peralatan penting lainnya. Anda juga perlu meng-copy data-data yang ada di laptop ke flash disk dan CD untuk antisipasi jika file di laptop mengalami masalah.

(kik/kik)