ADVERTISEMENT

6 Makanan Diet Untuk Jantung Sehat

- wolipop Jumat, 29 Okt 2010 17:58 WIB
Jakarta - Tidak ada yang lebih penting dari menjaga agar jantung tetap sehat. Berolahraga, tidak merokok dan tentunya mengontrol makanan merupakan beberapa hal yang
direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi secara rutin jelas dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Berikut makanan-makanan yang penting untuk dikonsumsi demi jantung sehat, seperti yang dikutip dari about.com.

Ikan Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi risiko peradangan dan menekan pembekuan darah. Biasakan untuk makan ikan salmon, tuna atau sarden minimal dua kali per minggu. Untuk jantung yang sehat, cobalah steak salmon dengan salad dengan dressing air lemon.

Minyak zaitun
Mulai sekarang cobalah untuk mengganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL Anda.

Oats
Oats mengandung serat larut yang disebut beta glucan dan ini membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu, beta glucan juga membantu menjaga sistem pencernaan. Tambahkan madu, susu rendah lemak dan potongan stroberi untuk agar jauh lebih nikmat.

Kacang almond
Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung minyak sehat, vitamin E dan zat lain yang akan membantu menjaga kadar kolesterol. Almond juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak serat. Jadikan almond atau kacang hijau sebagai cemilan saat menonton televisi.

Tomat
Tomat yang mengandung vitamin dan likopen telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Tambahkan irisan tebal tomat pada sandwich atau pasta gandum Anda. Bahkan, saus tomat dan tomat kalengan yang biasa dibeli di toko mengandung kadar lycopene dua kali lebih banyak dari tomat biasa.

Kedelai
Protein pada kedelai telah terbukti untuk mencegah serangan jantung. Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti daging merah, yang banyak mengandung lemak jenuh.
(eya/eya)