Menu Sehat Keluarga di Hari Lebaran

- wolipop Jumat, 10 Sep 2010 09:25 WIB

Jakarta - Usai menunaikan shalat Ied, tentunya Anda akan sibuk menyiapkan menu masakan untuk keluarga maupun sanak saudara yang akan berkunjung ke rumah Anda.

Tidak mudah menyiapkan menu makanan lebaran yang sehat bagi seluruh anggota keluarga, apalagi jika anak Anda adalah tipe pemilih makanan atau malas makan.

Jangan biarkan keluarga Anda makan makanan apa saja sesuai dengan keinginan mereka masing-masing tanpa memperhatikan kandungan gizi. Maka dari itu, diperlukan perencanaan untuk menyiapkan masakan sehat bagi keluarga tercinta.

Berikut langkah mempersiapkan menu sehat bagi keluarga :

1. Rencanakan menu masakan yang bisa disimpan selama beberapa hari ke depan seperti gulai maupun opor. Dengan begitu Anda akan menghemat tenaga untuk memasak makanan tersebut dan lebih memperhatikan kualitas gizinya. Perencanaan seperti ini juga akan membantu Anda terhindar dari kadaluarsa makanan karena memasak terlalu banyak.

2. Sediakan bahan makanan berbahan dasar gandum, seperti pasta, nasi merah dan roti gandum. Gandum sangat baik untuk membantu sistem pencernaan tubuh.

3. Masaklah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Jika hendak mengolah daging, masaklah dengan cara dipanggang atau dibakar daripada digoreng dengan minyak.

Bila terpaksa, gantilah minyak sayur Anda dengan minyak zaitun yang bisa didapat di supermarket besar manapun. Anda bisa juga menggantikan daging dengan makanan lainnya yang kaya protein seperti telur, tahu dan kacang-kacangan.

Untuk bumbu, sebaiknya Anda meraciknya sendiri dirumah, hindari membeli jadi di supermarket karena telah melalui proses kimiawi.

4. Selalu sediakan buah dan sayur di rumah. Anda juga bisa membeli buah kalengan lalu memasukannya dalam kulkas, tetapi pilih yang tidak mengandung gula atau garam.

Carilah resep kreatif makanan yang mengandung buah sehingga keluarga di rumah tidak bosan, misalkan es buah, agar-agar buah, rujak atau jus buah.

5. Pilih susu yang rendah lemak guna menambah kalsium dan protein, sebagai pilihan alternatif Anda busa memilih yoghurt atau susu kedelai.

Selain itu hindari menyimpan minuman soda dirumah agar anak tidak sering mengonsumsinya.



(eya/fer)