ADVERTISEMENT

Penyebab Kulit Wajah Sensitif dan Cara Mengatasinya

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 28 Sep 2022 10:02 WIB
Woman using facial oil blotting paper. Photo of woman with perfect makeup on pink background. Beauty concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Kulit sensitif bukan bagian dari jenis kulit, melainkan sebuah kondisi atau sensasi kulit yang terasa tidak nyaman dan mudah iritasi. Selain gampang iritasi, kulit sensitif seringkali ditandai dengan sensasi gatal dan terbakar, kering hingga kulit pecah-pecah.

Penyebab kulit sensitif bisa dari berbagai pemicu. Menurut dokter kulit, dr. Andina Bulan Sari, SpKK, kulit sensitif disebabkan oleh dua faktor: eksternal dan internal.

"Faktor eksternal karena cuaca, sinar matahari, polusi atau penggunaan skincare dengan bahan eksfoliasi berlebihan. Sementara internal bisa terjadi karena genetik di mana skin barrier-nya cenderung lebih tipis, faktor hormon, menstruasi atau menopause," ungkap dr. Andina dalam peluncuran Labore Barrier Repair Serum di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (27/9/2022).

Kulit sensitif tidak bisa melakukan sembarang perawatan. Bagi mereka yang memiliki tanda-tanda kulit yang mudah iritasi, gatal atau ada sensasi terbakar sebaiknya bijak dalam memilih skincare.

"Coba bikin catatan kecil ketika kulit bermasalah. MIsalnya setelah memakai sabun wajah yang wangi kulit jadi gatal. Bikin catatannya. Selain itu, kalau mau mencoba skincare baru jangan langsung satu rangkaian karena ketika kulit bermasalah tidak mengetahui kandungan apa yang tidak cocok di kulit," saran dr. Sari Chairunissa, SpKK selaku VP of Research & Development dari PT Paragon Technology & Innovation.

[Gambas:Instagram]

Dr. Andina menambahkan bahwa pilihlah skincare yang berbahan lembut, non alkohol, cenderung asam pH 5 sampai 5,5 agar mengikuti tingkat pH kulit. Ada pula kandungan emolien dan niacinamide untuk menghidrasi dan menenangkan kulit.

"Sementara bahan-bahan yang rentan dengan kulit sensitif tidak mutlak harus dihindari. Bisa tetap pakai, tapi mungkin pemakaiannya bertahap dan memilih konsentrasinya rendah," tambah dr. Andina.

Salah satu skincare terbaru yang aman untuk kulit sensitif adalah Labore. Skincare lokal tersebut baru saja merilis serum Labore Barrier Repair Serum yang mengandung paraprobiotic dan ceramide yang dapat menjaga dan memperkuat skin barrier kulit. Skincare ini dapat meredakan kemerahan. Bahan-bahan yang gentle pada serum ini juga cocok bagi pengidap masalah kulit dermatitis dan psoriasis.

(kik/kik)