ADVERTISEMENT

Standar Kecantikan Korea Berubah Drastis, Kulit Gelap Kini Jadi Idaman

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 20 Sep 2022 12:45 WIB
Tren kecantikan Geongangmi Foto: dok. Instagram @marshell_studio
Jakarta -

Standar kecantikan Korea telah mengalami perubahan drastis. Bila sebelumnya wanita Korea merasa cantik dengan kulit putih pucat. Kini banyak yang berlomba-lomba punya kulit eksotis dan melakukan tanning.

Perubahan standar kecantikan Korea ini terjadi selama dua tahun terakhir. Seperti dilansir dari The Guardian, kulit seputih susu tak lagi dielu-elukan wanita muda Korea.

Sejumlah selebriti juga membuktikan bahwa standar kecantikan Korea tidak berdasar. Seperti Hyeri, Yuri SNSD, Hyolyn, dan Jessi yang terlihat cantik dengan kulit gelapnya.

Artis Korea berkulit eksotisHyolyn yang terlihat cantik dengan kulit gelap dan tubuh atletis Foto: Instagram

Standar Kecantikan Korea "Geongangmi"

Tak hanya itu, sejumlah wanita Korea kini mendambakan "geongangmi" alias "kecantikan yang sehat." Sehingga wanita Korea tak lagi menginginkan perut ramping melainkan tubuh atletis dengan otot perut.

Fenomena itu didukung dengan pengamatan personal trainer Koo Hyun Kyung selama empat tahun terakhir. Dia menyadari bahwa banyak wanita yang fokus membangun otot ketimbang menurunkan berat badannya.

Tren kecantikan GeongangmiWanita Korea melakukan body profile challenge Foto: dok. Instagram @marshell_studio

Meskipun pandemi meluluhlantakkan banyak sektor pada 2020, paparan virus Corona tidak mengganggu pemasukannya di gym.

Perusahaan riset Korea Euromonitor juga mencatat bahwa fenomena "geongangmi" semakin populer di kalangan milenial dan gen z Korea Selatan. Kini semakin banyak wanita berusia 20an yang datang ke gym secara rutin. Jumlahnya naik kali lipat bila dibandingkan dari tahun 2016 ke 2020.

Karena itu muncul pula tren "body profile challenge" di mana wanita Korea memamerkan tubuh bugar hasil gym. Tak sedikit yang menyewa fotografer profesional dan berpose di studio memakai underwear.

Tren "Geongangmi" Tuai Kritik

Tren "geongangmi" memang menggeser standar kecantikan Korea sebelumnya. Namun sejumlah kritikus menilai tren itu masih membatasi gerak wanita. Bahkan terkesan memaksakan agar terlihat ideal.

Tren kecantikan GeongangmiTren kecantikan Geongangmi Foto: dok. Instagram @marshell_studio

Pasalnya wanita Korea yang terlahir dengan kulit putih dan tubuh ramping terdorong untuk menggelapkan warna kulit dan memiliki tubuh atletis. Seperti Jella, seorang influencer yang meraih popularitas pada 2018 karena warna kulit gelap hasil tanning.

Di satu sisi, tren "geongangmi" menjadi aksi pemberontakan wanita Korea untuk menolak persepsi yang mengatur hidupnya. Hal itu diungkap oleh Yun Ji Yeong, filsuf feminisme dan profesor Changwon National University.



Simak Video "Gaya Seksi Rachel Vennya saat Rayakan Ultah ke-27 Jadi Kontroversi "
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)