Apakah Tomat Bisa untuk Menghilangkan Jerawat?

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 22 Mei 2022 11:00 WIB
Young beautiful wearing a white bathrobes in a relaxed girl smiling hiding eye behind tomato slice over spa room background. Beauty spa and cosmetology concept. casual atmosphere. Foto: iStock

Jakarta -

Konsumsi tomat tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit, tetapi juga berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, kata para ahli. Lalu, apakah tomat bisa menghilangkan jerawat? Di bawah ini ada penjelasan tentang manfaat apakah tomat bisa untuk hilangkan jerawat.

Dengan kata sederhana, tomat adalah penyelamat bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Menurut ahli kecantikan, Shahnaz Husain, buah ini memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengontrol produksi sebum berlebih sehingga membantu menjinakkan jerawat.

Tomat Bisa Hilangkan Jerawat?

Ketika menggunakan tomat untuk kulit, kamu juga mendapatkan manfaat tambahan dari pori-pori yang tidak tersumbat yang bebas dari komedo putih dan komedo hitam. Ahli kesehatan Sonia Narang menyebutkan manfaat tomat.

1. Tomat Sumber Vitamin C

Seperti dikutip TimesofIndia, tomat adalah sumber vitamin C, vitamin k, zat besi, folat, kalium dan nutrisi lainnya. Satu tomat berukuran sedang sama dengan 22 kkal, 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 1 gram serat makanan, 1 gram protein, 5 gram sodium.

2. Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Tomat mengandung antioksidan yang disebut Lycopene, yang tidak hanya memberikan warna merah, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa seperti pengurangan kolesterol, meningkatkan penglihatan dan perbaikan kulit.

Memasukkan tomat setiap hari dalam diet dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi karena tomat kaya akan potasium. Tomat rendah kalori, sumber serat yang bagus, ditambah indeks Glikemik yang rendah.


3. Manfaat Tomat untuk Kulit

Tomat dapat dianggap sangat bermanfaat untuk kulit, wajah dan rambut, karena mengandung semua bentuk karotenoid utama seperti alfa-beta karoten, lutein dan likopen. Dari jumlah tersebut, Lycopene mengandung sifat antioksidan tertinggi, yang merupakan zat alami yang sangat baik dan membantu mengurangi pori-pori terbuka.

Tomat mengandung asam sitrat dan asam malat, keduanya mengelupas kulit dan membuka pori-pori dengan mengangkat sel-sel kulit mati - sehingga memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan halus. Mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen yang tinggi, tomat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV-A.

Tomat juga merupakan sumber yang baik untuk menghilangkan jerawat. Vitamin A, C, K dan sifat asam tomat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat dari wajah.

(eny/eny)