Simak! Ini 5 Cara Mencegah Jerawat Akibat Terus Pakai Masker

Nurcholis Maarif - wolipop Jumat, 06 Agu 2021 16:13 WIB
Masker Bikin Jerawat Foto: Infografis detikcom
Jakarta -

Masker merupakan hal yang wajib dipakai saat hendak beraktivitas di luar rumah sejak pandemi COVID-19 merebak di dunia, termasuk Indonesia. Namun bagi sebagian orang, pemakaian masker dapat menimbulkan jerawat atau disebut dengan maskne.

Dilansir dari Satgas Perubahan Perilaku COVID-19, maskne disebabkan oleh pemakaian masker dalam jangka waktu lama yang kerap kali memicu iritasi dan peradangan kulit yang disebabkan timbulnya jerawat. Ada beberapa hal yang menyebabkan maskne, antara lain kulit wajah bergesekan dengan masker, kulit wajah berkeringat dan lembap, kuman dan bakteri mudah berkembang biak, dan menghela napas saat pakai masker menjebak hawa panas. Namun, bukan berarti maskne tidak dapat dicegah.

Ada beberapa tips agar tetap bisa memakai masker dan mencegahnya timbulnya jerawat di muka. Pertama, memakai sunscreen berkadar SPF 30 atau lebih.

Kedua, dengan membersihkan wajah usai memakai masker. Ketiga, hindari makeup terlalu tebal. Keempat, oleskan pelembap agar kulit terhidrasi. Kelima, rutin mengganti masker 4 jam untuk masker maksimal 4 jam untuk masker kain atau jika sudah terlalu lembap.

Tips-tips di atas dapat dilakukan agar memakai masker tetap nyaman. Sebab memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus tetap dilakukan di tengah pandemi. Ini agar saling melindungi dari penyebaran virus Corona.

(ncm/ega)