Dokter Kulit: Jerawat Adalah Penyakit dan Perlu Segera Disembuhkan

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 06 Jun 2021 18:30 WIB
a beauty girl on the grey background Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta -

Dalam sebuah studi klinis menyebutkan bahwa 40% wanita dewasa memiliki kulit berjerawat. Kulit berjerawat kerap kali dianggap sebagai masalah kulit yang enteng, padahal jerawat adalah sebuah penyakit yang harus ditangani dan harus segera disembuhkan. Begitu menurut dr. Aryani Sudharmono, Sp.KK(K), FINS-DV, FAADV.

"Jerawat itu penyakit yang yang ditandai dengan peradangan kulit kronis. Banyak orang yang menganggap jerawat itu bukan penyakit, tapi sesuatu yang bisa timbul dan sembuh sendiri atau bisa sembuh dengan obat-obatan," kata dr. Aryani dalam press conference peluncuran La Roche Posay di Indonesia, Kamis (3/6/2021).

Dokter kulit dan kecantikan pemilik klinik Senopati Skin Center itu juga menjelaskan bahwa jerawat harus segera ditangani. Jika tidak, maka jerawat bisa semakin parah, belum lagi bekas jerawat yang akan sulit dihilangkan.

"Jerawat harus lekas sembuh, kalau timbul lagi takut ada scar, bopeng, jaringan parut yang semakin dalam. Jika jerawat tidak segera diatasi, maka kemungkinan timbul bekas jerawat yang bisa tidak sembuh seumur hidup yang membuat kualitas hidup menurun," ujar dr. Aryani.

Dalam perawatan jerawat, dr. Aryani pun menegaskan bahwa jangan pernah berhenti sebelum dokter menyarankannya. dr. Aryani biasanya menyarankan pasiennya untuk terus melakukan maintanance pada perawatan kulitnya.

"Jika jerawat masih timbul walaupun sedikit atau masih timbul saat menstruasi, itu artinya belum sembuh. Di luar kulit tampak jerawat sudah sembuh, tapi belum tentu di bagian dalam kulit sembuh," ucap dr. Aryani.

"Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, yang benar-benar sembuh dari jerawat, pasien perlu disiplin dalam melakukan perawatan kulit, termasuk membersihkan wajah secara teratur dan menggunakan produk perawatan yang direkomendasikan secara dermatologis. Tidak hanya itu, sangat penting bagi pasien untuk disiplin dalam menjaga kesehatan kulitnya," tambah dr. Aryani yang membahas tentang perawatan jerawat.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)