Waspada, Ada Masker Kecantikan Ilegal Dibuat dari Tepung Beras

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 30 Jan 2021 16:43 WIB
Beautiful woman with clay facial mask, isolated on white Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kosmetik ilegal masih banyak di pasaran. Baru-baru ini terbongkar ada masker kecantikan ilegal yang terbuat dari tepung beras.

Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek lokasi produksi kosmetik ilegal yang tidak ada izin edar. Masker ilegal itu merupakan produksi rumahan di daerah Jatirasa, Bekasi.

"Penggerebekan (Kamis, 28 Januari 2021) malam tadi berhasil mengungkap bahan berbahaya kosmetik tidak memiliki izin edar. Di sini tempat pembuatannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam konferensi pers di lokasi, Jumat (29/1/2021).

Masker tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang dibeli di Pasar Jati Asih, Bekasi. Salah satu bahan yang dipakai adalah tepung beras dari merek Rose Brand. Bahan-bahan lain yang digunakan adalah kopi, susu, charcoal, kunyit, bit, lemon, coklat, lavender, dan calendula.

Dalam pernyataan resmi pihak berwajib, produk masker kecantikan ilegal tersebut dikemas dalam empat merek yakni Yoleskin, Acone, NHM, dan Youra. Produk tersebut dijual secara online melalui media sosial dan sudah tersebar ke seluruh wilayah Pulau Jawa.

Dalam sehari, para tersangka bisa memproduksi 50 ribu masker siap edar. Masker itu tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).



Simak Video "Kenali Bahaya Gunakan Kosmetik Oplosan Bersama Rahmawati Kekeyi"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)