7 Penyebab Jerawat Batu yang Sulit Dihilangkan

Lukita Wardani - wolipop Senin, 04 Jan 2021 09:30 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang punya jerawat di dahi Ilustrasi penyebab jerawat batu. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling serius dan sulit dihilangkan. Jerawat batu ini biasanya berada di bawah kulit dan terjadi akibat kombinasi antara bakteri, minyak dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori. Apa penyebab jerawat batu?

Jerawat batu ini bisa membaik seiring bertambahnya usia. Namun, benjolan yang membandel dan menyakitkan ini tidak akan hilang dengan sendirinya. Nah agar terhindar dari jerawat batu, kamu perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkannya.

Penyebab Jerawat Batu

1. Makanan

Bagi kamu penggemar makanan yang berminyak serta junk food lebih baik dihindari terlebih dahulu. Karena makanan bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat meskipun tidak semua makanan berlemak mengakibatkan jerawat.

2. Kotoran

Komedo adalah minyak yang teroksidasi, bukan kotoran. Keringat bisa menyebabkan jerawat apabila kamu tidak membersihkan wajah jika sudah beraktifitas seharian di luar rumah.

3. Stres

Penyebab jerawat batu berikutnya adalah stres. Dan beberapa orang menjadi sangat kesal dengan jerawat mereka sehingga mengorek dan membuatnya bertahan lebih lama. Stres, bagaimanapun bisa mengakibatkan jerawat meskipun tidak terlalu banyak berperan langsung.

4. Keturunan

Jika salah satu orangtua kamu memiliki jerawat batu yang parah, kemungkinan besar jerawat kamu akan lebih sulit dikendalikan. Faktor keturunan bisa menjadi penyebab jerawat batu.

5. Tekanan

Pada beberapa pasien, tekanan dari helm, masker wajah atau apapun yang mengenai wajah dapat memperburuk jerawat batu.

6. Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat, seperti yang mengandung iodida, bromida, atau steroid oral atau suntik (baik prednison [Deltasone, Orasone, Prednicen-M, Liquid Pred] yang diresepkan secara medis atau steroid yang kadang-kadang dikonsumsi oleh binaragawan atau atlet ). Obat lain yang dapat menyebabkan atau memperparah jerawat batu adalah obat antikonvulsan dan lithium (Eskalith, Lithobid). Namun, kebanyakan kasus jerawat tidak terkait dengan obat.

7. Kosmetik

Beberapa kosmetik dan produk perawatan kulit dapat menyumbat pori (comedogenic). Dari sekian banyak merek produk perawatan kulit yang tersedia, penting untuk membaca daftar bahan dan memilih yang memiliki daftar air dalam kandungannya. Produk 'berbahan dasar air' ini biasanya paling baik untuk mereka yang berjerawat.

Itulah tujuh penyebab jerawat batu. Setelah mengetahuinya, tidak ada salahnya kamu mulai menghindari beberapa penyebab tersebut agar wajah lebih aman dari jerawat batu.

(eny/eny)