Apa Itu Golden Ratio yang Bikin Lesti Kejora Jadi Wanita Tercantik Dunia?

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 21 Des 2020 13:36 WIB
Lesti Kejora masuk daftar wanita tercantik 2020 kalahkan Lisa BLACKPINK Foto: dok. Instagram @lestykejora
Jakarta -

Lesti Kejora dinobatkan sebagai salah satu wanita tercantik dunia di 2020 versi Top Beauty World (TB World). Pedangdut 21 tahun itu menjadi urutan kelima wanita tercantik yang kecantikannya bersanding bersama Angelina Jolie dan Yoona 'SNSD'.

Selain berada di urutan lima, Lesti Kejora juga mendapat predikat Golden Face. Predikat ini bisa jadi merujuk pada golden ratio.

Golden ratio merupakan ukuran yang paling mendekati kesempurnaan wajah berdasarkan rasio. Ilmu matematika ini telah diterapkan sejak abad ke-14, di mana para arsitek dan seniman menggunakannya dalam karyanya.

Ribuan tahun kemudian, para ilmuwan mengadopsi rumus matematika ini untuk membantu mengidentifikasi orang yang dianggap cantik. Asisten profesor biostatistik Dr. Kendra Schmid misalnya menggunakan rasio emas ini untuk mempelajari daya tarik seseorang.

Seperti dikutip dari Oprah, begini cara Dr. Kendra Schmid mengukur wajah berdasarkan golden ratio:

1. Pertama, Dr. Schmid mengukur panjang dan lebar wajah. Kemudian dia membagi panjang dan lebarnya. Hasil yang ideal menurut definisi golden ratio adalah 1,6 yang artinya wajah seseorang dikatakan cantik dengan ukuran sekitar 1 1/2 kali lebih panjang daripada lebarnya.

2. Selanjutnya, Dr. Schmid mengukur tiga segmen wajah. Dari garis rambut di dahi ke satu titik di antara mata, dari antara mata ke bagian bawah hidung, dan dari bawah hidung ke bagian bawah dagu. Jika angkanya sama, maka seseorang dianggap lebih cantik.

3. Terakhir, ahli statistik mengukur fitur wajah lainnya untuk menentukan simetri dan proporsi. Pada wajah yang ideal seperti milik Lesti Kejora, Dr. Schmid mengatakan panjang telinga sama dengan panjang hidung, dan lebar mata sama dengan jarak antara kedua mata.



Simak Video "Poin yang Buat Lesti Kejora Jadi Wanita Tercantik Kelima di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)