17 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Lukita Wardani - wolipop Senin, 19 Okt 2020 11:32 WIB
Manfaat minyak kemiri untuk rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/PicturePartners Manfaat minyak kemiri untuk rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/PicturePartners
Jakarta -

Pernahkah kamu melihat atau mendengar mitos bayi dioleskan kemiri di alis dan kepalanya agar rambutnya tumbuh lebat? Sepertinya hal tersebut bukan hanya mitos semata. Minyak kemiri memang bermanfaat untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Berikut beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut:

1. Memberi Nutrisi Pada Rambut

Kemiri dipercaya dapat menutrisi rambut. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan mineral yang terkandung dalam kemiri dipercaya dapat menutrisi akar rambut, sehingga dapat menjaga kesehatan rambut. Jika akar rambut kita sehat, maka rambut pun dapat tumbuh sehat juga.

2. Pertahankan Pertumbuhan Rambut

Selain dipercaya dapat menutrisi akar rambut, protein dan mineral pada kemiri dipercaya dapat membantu menjaga pertumbuhan rambut, sehingga rambut dapat tumbuh dengan normal juga sehat.

3. Membuat Rambut Lebih Tebal dan Lebat

Nutrisi yang terdapat pada kemiri dapat membantu folikel rambut mendapatkan makanan yang sehat. Sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat, halus dan tebal di setiap helainya. Jadi minyak kemiri merupakan salah satu cara menebalkan rambut secara alami.

4. Menjaga Kilau Rambut Hitam

Manfaat minyak kemiri untuk rambut hitam adalah menjaga kilau warnanya. Dan manfaat ini tidak hanya berlaku untuk rambut hitam, bisa juga digunakan untuk semua warna rambut. Minyak kemiri akan membuat rambut lebih berkilau dan mempertajam warna rambut aslinya.

Bottle with cosmetic candlenut oil and nuts isolated on white backgroundManfaat minyak kemiri untuk rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/PicturePartners

5. Mencegah Rambut Rontok

Selain menyuburkan akar rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok dengan cara memperkuat akar rambut. Bagi kamu yang suka mewarnai rambut atau menggunakan produk rambut berbahan kimia sehingga rambut menjadi mudah rontok, minyak kemiri bisa mengatasi masalah ini. Minyak kemiri dapat mencegah rambut rontok dengan memberikan nutrisi pada akar rambut.

6. Menghilangkan Kutu Rambut

Salah satu kandungan minyak kemiri adalah miristat. Zat ini memiliki kemampuan yang sama dengan obat kutu rambut. Sehingga bagi kamu yang menderita serangan kutu pada rambut, penggunaan minyak kemiri juga dapat membantu menghilangkan kutu rambut. Minyak kemiri ini akan membunuh kutu rambut dan membuatnya tidak lagi bersarang di kepala dan bekas luka di kulit kepala akibat kutu rambut bisa langsung hilang.

7. Alis dan Bulu Mata Lebih Tebal

Wanita biasanya ingin memiliki alis dan bulu mata yang tebal. Berbagai cara dilakukan wanita untuk mendapatkan alis dan bulu mata sebagai pelengkap kecantikannya. Kamu bisa menggunakan kemiri untuk hal tersebut, caranya gunakan secara rutin minyak kemiri pada alis dan bulu mata.

KemiriIlustrasi kemiri. Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan

8. Melembutkan Rambut Kering

Rambut kering akan membuat seluruh rambut tidak terlihat sehat. Rambut kering ini juga bisa menyebabkan rambut menjadi berantakan dan sulit diatur. Manfaat minyak kemiri bisa mengatasi masalah rambut tersebut. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat menghasilkan rambut yang lembut dan sehat. Rambut akan menjadi lebih mudah untuk ditata.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenali Toxic Relationship, Apakah Hubungan Kamu Salah Satunya?"
[Gambas:Video 20detik]