7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Hary Lukita Wardani - wolipop Rabu, 08 Jul 2020 18:31 WIB
Portrait of a young woman Ilustrasi wanita dengan rambut bercabang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz
Jakarta -

Memiliki masalah rambut bercabang memang menyebalkan. Rambut bercabang bisa terjadi akibat beberapa faktor seperti sering terkena panas dari alat penata rambut, dehidrasi dan polusi udara.

Cara mengatasi rambut bercabang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Mulai dari memperlakukan rambut dengan baik sampai perawatannya.

Woman with messy hairIlustrasi rambut rusak dan bercabang. Foto: Getty Images/energyy

1. Memperlakukan Rambut dengan Lembut

Ternyata rambut juga perlu diperlakukan lembut oleh kamu. Seperti saat kamu keramas, menyisir, melepaskan rambut yang kusut, menata bahkan sampai menyentuh rambut. Salah satu penyebab rambut bercabang yaitu karena kerusakan yang terus terjadi pada rambut. Jadi dengan memperlakukan rambut kamu dengan halus bisa memperlambat perkembangan ujung rambut bercabang.

2. Hindari Alat Panas

Mencatok atau mengeringkan rambut dengan hair dryer terkadang menjadi kebutuhan bagi sebagian wanita. Tapi tahukah kamu faktor nomor satu yang menyebabkan ujung rambut bercabang adalah karena alat panas yang dipakai setiap harinya?

Maka cara mengatasi rambut bercabang yang kedua adalah mengurangi penggunaan alat styling yang panas. Coba keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan, bukan menggunakan hair dryer untuk sementara waktu. Jika harus tetap catok, oleskan rambut terlebih dahulu dengan serum atau minyak yang berkhasiat menutrisi rambut.

Hair stylistWanita berambut pirang sedang dicatok. Foto: Getty Images

3. Minum Air Putih Lebih Banyak

Meminum air putih ternyata juga baik sebagai cara mengatasi rambut bercabang. Rambut yang terhidrasi dari dalam akan bertahan lebih lama terhadap polusi udara. Dengan begitu rambut jadi tak mudah bercabang.

4. Pakai Vitamin Rambut

Memberi nutrisi untuk rambut dapat menguatkan agar tidak mudah bercabang. Gunakan vitamin-vitamin khusus rambut agar tetap sehat dan berkilau. Biasanya dalam bentuk kapsul, minyak, serum atau tonik.

Portrait of a young womanIlustrasi wanita merawat rambut. Foto: Thinkstock

5. Hindari Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Ternyata handuk bisa menyebabkan gesekan yang dapat meningkatkan ujung rambut kamu bercabang. Sebagai gantinya kamu bisa gunakan handuk microfiber atau biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

6. Lindungi Rambut dengan Satin atau Sutera

Hal Ini berlaku hanya untuk malam hari. Kamu bisa gunakan sarung bantal dan seprai berbahan satin atau sutera untuk mencegah ujung rambut bercabang. Material licin dan halus akan membantu rambut agar tak mudah kusut dan bercabang.

7. Gunakan Produk yang Bebas Dari Bahan Kimia Keras

Zat kimia dapat merusak dan melemahkan rambut kamu seiring waktu. Sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya, pilihlah produk yang dibuat dengan bahan alami agar rambut tidak bercabang.

Semoga tips ini membantu kamu mengatasi rambut bercabang, ya.



Simak Video "Mau Coba Vitamin Rambut dari Bulu Ayam?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)