10 Tips Memiliki Bulu Mata Panjang dan Tebal

Hary Lukita Wardani - wolipop Selasa, 30 Jun 2020 10:33 WIB
Bulu Mata Panjang Tips memiliki bulu mata panjang dan lebat. (Foto: Getty Images/CoffeeAndMilk)
Jakarta -

Memiliki bulu mata yang panjang dan tebal menjadi idaman setiap wanita. Selain menjadikan mata lebih indah bulu mata dapat melindungi dari debu, pasir dan kotoran.

Namun, bulu mata yang panjang terkadang bergantung pada beberapa faktor baik, salah satunya usia. Kondisi tubuh juga dapat menyebabkan bulu mata kalian rontok. Memang bulu mata akan tumbuh secara alami tapi ada beberapa cara untuk memaksimalkannya.

Berikut 10 tips mendapatkan bulu mata panjang dan lebat yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Caster Oil

Kandungan utama dari Caster Oil atau minyak jarak 90 persennya terdiri dari asam ricinoleic. Asam ini dapat membantu bulu mata yang rontok dengan demikian bisa menjadi pilihan untuk alternatif menjaga ketebalan bulu mata anda. Tapi ada baiknya kalian lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mencobanya.

Cara menggunakannya, tuangkan sekitar satu sendok teh caster oil ke kapas. Sebelum itu jangan lupa bersihkan bulu mata kalian dengan air dan keringkan. Setelah itu baru oleskan caster oil ke sepanjang garis bulu mata atas dan bawah dengan hati-hati jangan sampai masuk ke dalan mata. Diamkan semalaman lalu bilas dengan air bersih pada keesokan paginya.


2. Coconout Oil atau Minyak Kelapa

Minyak kelapa biasanya digunakan untuk perawatan rambut karena efek penetrasi yang membantu menjaga protein rambut. Oleh karenanya minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merawat bulu mata yang menipis dan rusak agar tumbuh kembali.

Namun gunakan secara hati-hati karena dapat meninggalkan lapisan berminyak pada bulu mata andabyang mengakibatkan tidak lentik. Cara menggunakan minyak kelapa pastinya bersihkan bulu mata kalian dengan menggunakan air dan sabun khusus bulu mata setelah itu tuangkan satu sendok teh minyak kelapa ke kapas dan oleskan disepanjang garis bulu mata atas dan bawah anda.

Lakukan secara hati-hati dan hindari masuknya minyak kelapa ke dalam mata. Setelah selesai diamkan semalaman dan bilas keesokan paginya.



3. Vitamin E

Vitamin E memiliki antioksidan tinggi dan dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu juga dapat menumbuhkan rambut dengan kandungan senyawa tocotrienol, termasuk memanjangkan bulu mata.

Cara menggunakannya cukup dengan oleskan Vitamin E pada bulu mata anda namun lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui takaran dosis yang benar.

4. Green Tea

Green Tea kaya akan polifenol atau epigallocatechin 3 gallate (EGCG) yang membantu pertumbuhan rambut dan bulu mata anda.

Caranya seduh satu sendok teh green tea dengan air panas lalu diamkan selama 5-10 menit kemudian saring airnya kemudian minum dalam keadaan hangat sehari dua kali. Selain itu anda dapat aplikasikan air green tea menggunakan kapas ke garis bulu mata atas dan bawah lakukan satu kali dalam sehari.

5. Memijat Kelopak Mata

Dengan memijat kelopak mata dengan lembut dapat memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Karena biasanya hal tersebut dilakukan untuk memanjangkan rambut dengan memijat kulit kepala.

Bulu Mata PanjangTips memiliki bulu mata panjang (Foto: Getty Images/CoffeeAndMilk)



6. Minyak Kulit Lemon

Penelitian dari Parasitology Research menghasilkan bahwa minyak lemon dapat membantu perawatan bulu mata dan meningkatkan pertumbuhan rambut lebih cepat. Namun perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Dalam perawatan ini membutuhkan 1-2 kulit lemon, minyak zaitun dan kapas. Masukan kulit lemon ke dalam tempat atau toples kecil kemudian tambahkan beberapa sendok makan minyak zaitun atau kelapa ke dalamnya lalu tekan kulit lemon dengan menggunakan sendok hingga minyak kulit lemonnya keluar.

Kemudian diamkan semalam campuran tersebut dan oleskan pada garis bulu mata atas dan bawah dengan hati-hati agar tidak terkena mata. Diamkan selama beberapa jam kemudian bilas dengan air bersih, lakukan ini 1-2 kali sehari.


7. Petroleum Jelly

Petroleun jelly dapat melembabkan kelopak mata anda dan membantu menghilangkan tungau bulu mata sehingga mencegah kerusakan bulu mata. Caranya dengan ambil petroleum jelly secukupnya dengan kapas dan oleskan ke kelopak mata atas dan bawah lalu diamkan semalaman dan bilas keesokan paginya.

8. Shea Butter

Shea butter kaya akan vitamin C dan dikemas dengan antioksidan juga anti-inflammatory properties (11). Vitamin C mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kolagen sehingga shea butter dapat membantu menjaga ketebalan bulu mata anda dan menumbuhkan bulu mata.

Caranya dengan mengambil sedikit shea butter dan gosokan diantara jari hingga meleleh kemudian oleskan ke bulu mata atas dan bawah. Biarkan semalaman dan bilas keesokan paginya.



9. Olive Oil atau Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang disebut oleuropein yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, olehkarenanya dapat membuat bulu mata lebih panjang.

Caranya tuangkan 3-4 tetes minyak zaitun pada kapas kemudian oleskan ke bulu mata bagian atas dan bawah. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat.

10 . Suplemen Biotin

Mengkonsumsi suplemen biotin dapat membantu menumbuhkan rambut, termasuk memanjangkan bulu mata dan alis yang rontok. Meski demikian, kamu perlu melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)