Seperti Ini Kondisi Salon di Era New Normal

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 05 Jun 2020 18:06 WIB
ilustrasi salon Ilustrasi salon di era new normal Foto: Getty Images/BakiBG
Jakarta -

Sejumlah negara saat ini telah melonggarkan lockdown. Berbagai tempat seperti mall hingga salon di beberapa negara bahkan sudah buka. Seperti salon-salon di New York yang sudah diizinkan kembali dibuka oleh pemerintah. Sejumlah salon di sana memberikan gambaran bagaimana kondisi salon yang dibuka kembali di era new normal ini.

Pemilik salon Rivera's Hair, Jose dan Maria Rivera menceritakan bagaimana keadaan salonnya kini di masa new normal setelah lebih dari dua bulan tutup. Ada banyak perubahan yang kini ditetapkan pihak salon.


Sebelum dibuka, seluruh isi toko dibersihkan dan disemprot sanitizer untuk keamanan dan kenyamanan klien. Rivera Salon bahkan menyediakan cape (jubah salon) yang sekali pakai. Kursi tunggu disingkirkan, dan tidak lagi menjual produk dan aksesori rambut.

Beautiful brunette woman with long hair at the beauty salon getting a hair blowing. Hair salon styling concept.Beautiful brunette woman with long hair at the beauty salon getting a hair blowing. Hair salon styling concept. Foto: iStock



Seluruh pekerja dan pelanggan wajib menggunakan masker, dengan kapasitas 50% orang yang berada di dalam ruangan. Klien harus berjarak enam kaki dengan klien lainnya.

Sejumlah perawatan pun ditiadakan. Untuk saat ini hanya diizinkan memotong rambut, mengecat, dan styling. Facial dan mencukur jenggot tidak bisa lagi.

Di awal pembukaan, salon Rivera ramai pengunjung, bahkan sudah ada yang mengantre di depan salon sejak pukul 9 pagi, padahal salon baru dibuka pukul 10 pagi.

Sementara di salon Scott Miller, pihak salon meminta customer untuk membuat janji terlebih dahulu sebelum datang ke gerai. Pihak salon pun meminta klien datang dengan kondisi rambut yang sudah keramas untuk mempersingkat waktu kontak.

Semua tamu wajib menggunakan masker dan disediakan hand sanitizer. Ada tiga pertanyaan terkait kesehatan yang perlu dijawab, dan pengecekan suhu tubuh. Servis spa seperti perawatan kuku, facial, dan pijat saat ini masih ditutup. Rencananya baru dibuka pada fase ketiga.


Di Indonesia sendiri, salon, spa dan barbershop juga akan segera dibuka. Jika melihat timeline pemerintah terkait skenario pemulihan ekonomi, pembukaan salon akan dilakukan evaluasi pada 15 Juni 2020 mendatang. Sama seperti di Amerika Serikat, salon di Indonesia pun bisa beroperasi lagi dengan protokol new normal.

"Salon, salon kecantikan, dan spa akan diizinkan untuk beroperasi lagi dengan personel harus menggunakan masker dan sarung tangan. Para pegawai juga harus sering mencuci tangan dan membersihkan alat-alat mereka dengan cairan desinfektan," demikian aturan dari Surat Keputusan Mendagri.



Simak Video "Merry Riana: Berpikir Positif di New Normal tapi Tetap Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)