10 Fakta Mengejutkan Tentang Rambut Manusia

Hestianingsih - wolipop Minggu, 10 Mei 2020 11:13 WIB
Close up of a woman washing her hair while showering in the morning. Foto: iStock
Jakarta -

Rambut adalah mahkotanya para wanita, dan mungkin begitu juga bagi pria. Sebab gaya rambut bisa menentukan penampilan seseorang secara keseluruhan.

Ada yang senang memiliki rambut panjang, ada pula yang lebih memilih rambut pendek, plontos bahkan botak. Jika dirawat dengan benar rambut bisa tumbuh indah dan lebat namun apabila sering terkena bahan kimia dan catokan panas tanpa perawatan rambut akan rusak.


Jadi salah satu bagian tubuh yang menentukan estetika, rambut ternyata punya banyak keunikan. Ini fakta-fakta mengejutkan tentang rambut manusia, dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Seperti dikutip dari Style Caster, rambut sebagian besar terbuat dari keratin yakni protein yang juga ditemukan pada tanduk, cakar, kuku, bulu dan paruh hewan.

2. Rambut akan tumbuh lebih cepat di udara atau cuaca hangat, karena panas menstimulasi sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan rambut. Itulah sebabnya kenapa salon umumnya membungkus rambut dan kepala dengan handuk hangat setelah pengaplikasian krim creambath, hair spa atau hair mask.

ilustrasi potong rambutilustrasi potong rambut Foto: Getty Images/iStockphoto/nicoletaionescu



3. Rambut menyimpan banyak informasi tentang segalanya pada tubuh manusia. Seperti zat apa saja yang terdapat pada pembuluh darah, termasuk obat-obatan. Hal ini menjadikan rambut sebagai salah satu bagian tubuh manusia yang umum digunakan kepolisian dalam pemeriksaan forensik pada beberapa kasus tindak kriminal.

4. Kita tidak dapat membedakan atau mengidentifikasi seseorang itu pria atau wanita hanya dengan memeriksa helaian rambut. Sebab struktur rambut pria dan wanita sangat identik.

5. Struktur rambut terdiri dari 50 persen karbon, 21 persen oksigen, 17 persen nitrogen, 6 persen hidrogen dan 5 persen sulfur atau belerang.

6. Selain sumsum tulang belakang, rambut merupakan jaringan tubuh yang paling cepat tumbuh.

7. Setiap untaian rambut bisa mengangkat beban hingga 100 gram. Jika ada 100 ribu hingga 150 ribu helai rambut yang tumbuh di kepala (jumlah rata-rata helaian rambut manusia), maka rambut kamu bisa menarik beban mencapai 10 ton atau seberat dua ekor gajah.


8. Jangan keburu panik jika kamu mendapati rambutmu banyak yang rontok. Seperti dilansir Mane 'N Tail, dalam sehari, rata-rata rambut rontok 50-150 helai per hari.

9. Saat satu helai rambut rontok, akan langsung digantikan dengan rambut lainnya yang tumbuh dari dalam akar. Sekitar 80 persen rambut tumbuh pada saat yang bersamaan.

10. Meskipun terus tumbuh, tapi sebagian besar rambut yang terlihat secara kasat mata sebenarnya sudah mati. Dikutip dari Grow Gorgeous, satu-satunya bagian rambut yang hidup adalah yang masih berada di dalam folikel atau akar rambut. Begitu dia melewati folikel maka rambut itu dianggap mati. Maka dari itu bagian bawah rambut biasanya lebih kering dan rusak ketimbang rambut yang masih dekat akar. Oleh sebab itu penting untuk selalu merawat batang rambut dengan sampo berformula lembut, kondisioner dan hair mask.



Simak Video "Mau Coba Vitamin Rambut dari Bulu Ayam?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/kik)